Talenan kayu dan plastik semuanya sering kita temui di dapur. Sebagai salah satu alat masak, talenan sering digunakan. Maka dari itu tidak heran apabila talenan mudah kotor dan bakteri pun menjadi berkembang biak di sana. Kalau bakteri sudah menempel di talenan, otomatis masakan pun akan terkontaminasi. Akibatnya timbul penyakit yang bisa menyerang tubuh kita. Nah, kalau dalam hal penggunaannya, kira-kira talenan dengan material apa ya yang lebih baik? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Talenan dari Material Kayu

Talenan kayu dan plastik memiliki material yang berbeda. Alat dapur dari kayu ini memiliki material yang lebih ramah karena tidak mudah tergores. Meski talenan kayu lebih ramah, tapi tak menutup kemungkinan jika ada beberapa bakteri yang menempel pada talenannya. Nah, untuk menghindarkan talenan dari bakteri, kamu harus rajin merawatnya. Kamu bisa merawat talenannya menggunakan air perasan lemon, sehingga bakteri yang menempel pun akan hilang.

kitchen set minimalis murah jogja

Talenan dari Material Plastik

Selanjutnya talenan yang menggunakan material plastik. Apabila kamu bandingkan antara talenan kayu dan plastik, jelas talenan dengan material kayu akan terlihat lebih estetik dan awet. Namun, ternyata talenan plastik juga bisa bertahan lama lho. Bahkan mungkin bisa lebih awet daripada talenan dari material kayu. Sayangnya talenan yang menggunakan material plastik ini memiliki lebih banyak peluang untuk bakteri menempel di alasnya. Apalagi talenannya terbuat dari plastik yang terkadang bekas goresannya susah untuk kamu bersihkan, sehingga bakteri senang menempel di alasnya. Untuk merawatnya, usahakan kamu selalu rutin membersihkan talenannya setelah selesai menggunakan.

Cara Perawatan

Untuk melakukan perawatan pada talenan kayu dan plastik agar terhindar dari bakteri ialah kamu harus menggantinya secara berkala. Yup, apabila kamu sudah merasa talenannya harus diganti, maka segeralah mengganti talenan tersebut. Oh ya, biasakan juga untuk menyediakan beberapa talenan di rumah. Dengan beberapa talenan ada di rumah, kamu bisa membedakan penggunaannya. Misal talenan yang digunakan untuk memotong ikan atau ayam akan berbeda dengan talenan yang menjadi alas untuk memotong buah dan sayur.

kitchen set minimalis jogja

Nah, itulah tadi beda talenan kayu dan plastik. Pada intinya, material kedua talenan bisa kamu gunakan dengan baik. Namun, talenan dengan material kayu lebih Minaj rekomendasikan untukmu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.