Manfaat tanaman akasia ada beragam, tanaman yang berasal dari Afrika ini memang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Akasia memiliki kurang lebih 1.300 jenis spesial yang ersebar ke seluruh dunia. Tanaman yang biasanya tumbuh di wilayah tropis ini banyak digunakan sebagai material furniture. Namun, selain berguna sebagai material furniture, akasia juga cocok untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Sebagai Material Pembuatan Furniture

Selain kayu jati, pinus, dan mahoni, ternyata batang kayu akasia juga bisa kita manfaatkan sebagai material pembuatan furniture lho. Manfaat tanaman akasia yang satu ini tentu sangat menguntungkan para pengrajin, sebab biasanya furniture yang menggunakan kayu akasia akan memiliki nilai jual yang tinggi. Oh ya, kayu akasia ini juga memiliki tekstur yang hampir menyerupai kayu jati, yakni kuat dan kokoh.

Untuk Parfum

Selanjutnya manfaat tanaman akasia ialah banyak dijadikan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Hal ini karena akasia memiliki aroma yang khas dan tentunya wangi. Nah, ketika akasia menjadi parfum, tentu harga jualnya juga akan tinggi. Sekarang parfum dengan material akasia memang sedang trendi, karena selain menciptakan aroma wangi, akasia juga berasal dari bahan alami sehingga lebih aman.

Sebagai Tanaman Hias di Ruang Tamu

Manfaat tanaman akasia yang pertama ialah sebagai tanaman hias. Yup, akasia dengan spesies acacia retinodes, Acacia xanthophloea, dan beberapa lainnya memang cocok kamu jadikan sebagai tanaman hias yang mengisi sudut ruangan di rumahmu. Percaya nggak, beberapa tanaman akasia ini juga memiliki harga jual yang tinggi lho. Gimana, apa kamu tertarik menggunakan akasia sebagai tanaman hias?

manfaat tanaman akasia untuk hiasan rumah

Sumber: unsplash.com

Untuk Obat Diabetes

Tanaman akasia juga berguna untuk mengobati penyakit diabetes lho. Apabila kadar gula darah tinggi, maka kamu tinggal merebus daun akasia untuk kamu minum. Rebusan daun akasia tersebut akan sangat berguna untuk menormalkan kadar gula darah dalam tubuhmu. Untuk para penderita diabetes, minumlah rebusan daun akasia ini dengan rutin sehingga kadar gula darah dalam tubuh selalu normal.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat tanaman akasia untuk kebutuhan rumah dan kesehatan. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.