Jenis sendok masak bisa kamu bedakan berdasarkan material pembuatannya. Sendok sendiri sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa menggunakan sendok untuk makan, ataupun memasak. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa material sendok yang harus kamu waspadai? Jangan sampai sendok yang kamu gunakan malah membahayakan dirimu sendiri.

Sebenarnya jenis sendok masak sudah menggunakan material yang memiliki keamanan standar, seperti kayu, stainless steel, dan baja. Namun, meski sudah standar kadang ada saja material yang bisa berpengaruh terhadap kesehatanmu. Oh ya, agar kamu lebih paham tentang macam material dari sendok, yuk simak uraian berikut ini.

Sendok Aluminium

Jenis sendok masak yang satu ini memang cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan mungkin kamu akan mudah menemukannya di berbagai tempat makan. Material aluminium ini banyak dipilih karena memiliki harga yang mudah dan tentunya tahan lama untuk kamu pakai. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya penggunaan sendok aluminium yang terlalu sering akan menyebabkan penyakit kanker? Tak hanya itu, beberapa ahli juga menyebut jika material aluminium ini buruk untuk ginjal. Maka dari itu, kamu jangan terlalu sering menggunakan sendok dengan material aluminium untuk masak ya.

jenis sendok makan kayu

Sendok Stainless Steel

Sama seperti jenis sendok masak aluminium, sendok stainless steel juga mudah kita temukan di dapur maupun tempat makan. Harga sendok dengan material ini pun terbilang murah. Meski murah, sendok stainless steel ini bisa tahan terhadap panas dan juga awet. Daripada sendok dengan material aluminium, stainless steel lebih aman untuk kamu gunakan makan.

Sendok Kayu

Kalau kamu amati, akhir-akhir ini jenis sendok masak dari kayu sedang populer. Kepopulerannya ini karena penampilan sendok kayu yang mampu memberikan kesan estetik dan cocok untuk hiasan. Sebenarnya sendok kayu sendiri merupakan alternatif lain sendok. Dan material yang biasanya digunakan untuk membuat sendoknya juga aman jika digunakan untuk makan. Meski begitu, sendok kayu harus kamu rawat dengan baik. Sebab, bakteri maupun mikroorganisme bisa masuk ke sendok kayu.

jenis sendok masak kayu

Sendok Keramik

Kamu harus menghindari sendok keramik yang memiliki kandungan timah. Namun, jika kamu hanya menggunakan sendok keramik untuk hiasan saja, maka tak masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu menggunakan sendok keramik untuk makan atau memasak. Kandungan kimia dari sendok keramik akan menyebabkan dampak kesehatan pada tubuhmu. Meski begitu kamu tetap boleh menggunakan sendok keramik kok, tapi jangan terlalu sering ya.

Nah, itulah tadi beberapa jenis sendok masak berbahaya. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.