Apabila anak sudah punya kamar sendiri, sebaiknya jangan menempatkan meja TV minimalis di kamar anak. Memang wajar jika orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak agar mereka bahagia. Namun, memberikan yang terbaik bukan berarti harus menuruti semua permintaannya.

Saat ini menemukan meja TV minimalis di kamar anak rasanya bukan hal yang aneh lagi. Sebab, orang tua kadang memang melengkapi kamar si anak dengan TV atau PS. Memang sih tindakan orang tua yang demikian akan membuat anak bahagia. Namun, pernah nggak berpikir kalau anak bermain game atau melihat TV lama, itu akan memberikan pengaruh negatif? Nah, pengaruh inilah yang kadang dilupakan oleh orang tua. Yuk, simak apa saja pengaruh negatifnya berikut ini.

Menjadi Kecanduan TV

Karena menempatkan meja TV minimalis di kamar, maka anak bisa saja menjadi terlalu sering menonton TV dan bermain game. Nah, karena terlalu sering tersebut maka anak bisa menjadi kecanduan TV. Karena sudah terlalu candu dengan TV maka anak akan malas melakukan kegiatan yang kreatif dan bahkan segan untuk bersosialisasi dengan temannya. Kalau sudah seperti ini, tentunya TV di kamar anak akan memberikan dampak yang buruk.

Quality Time Hilang

Anak terlalu sibuk menonton TV dan bermain game di kamarnya karena orang tua menempatkan meja TV minimalis di kamar. Saking sibuknya kegiatan anak di kamar, orang tua jadi kesulitan untuk mengajak quality time. Bahkan untuk sekadar mengajak anak jalan-jalan pun orang tua kesulitan, ya karena anak sudah candu terhadap TV.

Nilai Menjadi Turun

Ada sebuah penelitian psikologi yang mengungkapkan jika menempatkan meja TV minimalis di kamar anak akan membuat nilai akademis mereka menjadi turun. Hal itu dikarenakan anak terlalu sibuk menonton dan bermain game, sehingga mereka melupakan beberapa pelajaran di sekolahnya. Tentu kamu nggak ingin anakmu nilainya turun kan? Maka jangan menempatkan TV di kamar.

Rentan Obesitas

Ketika kamu menempatkan meja TV minimalis di kamar anak, mereka akan lebih sering duduk atau tiduran di kamar daripada beraktivitas bersama teman-temannya. Nah, berdasarkan penelitian psikolog, Douglas Gentile, TV akan membuat anak malas bergerak sehingga ia bisa rentan obesitas.

Menjadi Agresif

Meja TV minimalis di kamar anak akan membuatnya lebih agresif. Yup, menonton TV dan bermain game yang terlalu lama akan memicu sikap agresif dari anak. Bahkan hal ini sudah ada penelitiannya lho, sekitar 40% anak berusia 4-6 tahun yang memiliki TV di kamarnya akan memiliki sikap lebih agresif daripada anak yang tidak punya TV di kamar. Jadi, kamu sebagai orang tua harus berhati-hati ya.

Nah, itulah tadi beberapa dampak berbahaya jika kamu menempatkan TV di kamar anak. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.