Memiliki rumah dengan banyak furniture kayu memang harus hati-hati karena ada jenis serangga perusak furniture kayu yang bakalan bikin kamu kewalahan. Namun, tenang saja kamu tetap bisa mengatasi permasalahan tersebut kok, asalkan kamu rutin merawat furniture kayu di rumahmu. Nah, agar kamu lebih paham tentang jenis serangganya, yuk simak uraian dari Minaj berikut ini.

Rayap, Si Perusak Furniture Kayu

Rayap merupakan salah satu serangga perusak furniture kayu yang paling rakus. Kenapa paling rakus? Karena serangga jenis ini bisa merusak kayu yang masih segar maupun kayu kering. Biasanya rayap hidup berkoloni. Jadi, selama 24 jam penuh mereka akan menyerang kayu—bahkan mereka akan menyerang kayu tanpa mengenal waktu. Selain itu, rayap juga bisa hidup di mana saja, asalkan di situ ada kayu, rayap pun bisa hidup. Untuk mengatasi rapat agar tidak menyerang furniture kayumu, maka rajin-rajinlah menyemprotkan pestisida atau racun pada permukaan kayu secara merata. Oh ya, berhati-hatilah apabila kamu melihat gundukan tanah di sekitar furniture kayu karena itu bisa saja menjadi tempat tinggal rayap.

merawat furniture minimalis kayu

Kumbang Pengebor Kayu

Serangga perusak furniture kayu yang kedua ialah kumbang pengebor kayu. Kumbang ini memiliki moncong yang bisa digunakan untuk mengebor struktur dari kayu. Biasanya kumbang dewasa memiliki ukuran 2,5-5 cm dengan warna cokelat kemerahan atau kehitam-hitaman. Kumbang pengebor kayu yang dewasa akan merusak furniture kayu dengan melubanginya, lalu lubangnya tersebut akan digunakan untuk menaruh telur-telurnya.

Serangga Teter

Teter adalah serangga perusak kayu yang memiliki nama ilmiah, Lyctus brunneus. Serangga jenis ini memiliki ukuran yang tipis dengan warna kemerahan. Serangga teter ini bisa dibilang menjadi penyerang furniture kayu nomor dua yang mengkhawatirkan setelah rayap. Teter ini sering kita temui di rumah. Dan biasanya furniture kayu yang sudah serangga teter serang akan berlubang dan kropos. Gara-gara ulah serangga teter ini, furniture kayu kita menjadi tampak tidak estetik lagi.

lemari pakaian kekinian estetik

Lebah Kayu yang Nakal

Carpenter bee atau lebah kayu memang terkenal sebagai salah satu jenis serangga yang akan merusak furniture kayu. Lebah ini sering sekali melubangi kayu untuk dijadikan sebagai sarangnya. Lebah kayu ini akan menyerang struktur rangka atap yang terbuat dari kayu. Sebenarnya cara mengatasi serangan serangga-serangga ini adalah menggunakan insektisida. Atau alternatif lainnya, kamu bisa memanfaatkan minyak untuk memusnahkan serangannya.

Nah, itu tadi beberapa jenis serangga yang akan merusak furniture kayu di rumahmu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

 

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.