Ruang tamu minimalis menjadi tren populer saat ini. Arti kata ‘minimalis’ bukan berarti Anda meminimalkan tempat duduk untuk tamu, melainkan lebih ke bagaimana Anda menciptakan konsep yang minimalis. Bisa dibilang ruang tamu minimalis ini tidak memiliki banyak furniture namun tetap memiliki daya pikat visual ruangan yang baik. Apalagi ruang tamu kerap menjadi pemberhentian pertama para tamu saat mereka bertamu ke rumah Anda. Kesan yang nyaman sangat dibutuhkan dalam ruang tamu Anda.

Kenyamanan dalam ruangan itu hal yang paling penting. Coba bayangkan jika ruang tamu minimalis Anda tidak nyaman, apa yang akan terjadi? Pastinya tamu yang datang ke rumah Anda tidak merasa betah. Bahkan mungkin Anda sendiri juga enggak betah berada lama-lama di ruang tamu. Padahal biasanya ketika Anda sudah lelah seharian beraktivitas, ruang tamu bisa menjadi salah satu tempat Anda melepas penat. Anda mau rebahan, goleran, atau bahkan diskusi pun juga bisa dilakukan di ruang tamu.

Lebih asyiknya lagi kalau di ruang tamu minimalis Anda itu ada sofa bed. Anda mau duduk tinggal duduk. Anda mau tidur, ya tinggal tidur. Sebab sofa bed sudah didesain secara ergonomis yang memang bertujuan untuk memberikan kegunaan double, seperti tempat duduk tapi merangkap menjadi tempat goleran alias bisa tidur di sana. Kali ini Minaj ingin memberikan beberapa saran untuk memilih desain sofa bed yang cocok banget Anda tempatkan di ruang tamu. Berikut sarannya.

1. Sesuaikan Ukuran dengan Luas Ruang Tamu Minimalis Anda

Dok. pribadi/ajeg.co.id

Sofa bed dengan sofa yang biasa memiliki ukuran berbeda. Ketika Anda ingin memilih sofa bed untuk ditempatkan di ruang tamu, maka cek lagi ukurannya. Apakah sudah sesuai dengan ruang tamu Anda atau belum. Sofa bed yang nyaman biasanya memiliki ukuran panjang minimal 180 cm dengan lebarnya 80 cm. Dengan ukuran yang pas, pastilah kualitas bersantai Anda akan semakin terjamin. Jika Anda ingin lebih menghemat ruang, cobalah untuk pilih sofa bed dengan armrest, sehingga bisa dilipat.

2. Pilih Desain Geser Jika Anda Tidak Ingin Mengubah Posisi

pinterest.com

Malas untuk mengubah posisi sofa bed? Tenang, sekarang udah banyak model sofa bed yang dudukannya tinggal digeser saja kok. Biasanya sofa bed desain geser ini dilengkapi dengan kaki atau roda yang akan membuat sofa bed tampak lebih catchy kalau di taruh di ruang tamu minimalis Anda. Sayangnya, sofa bed dengan desain geser ini memiliki style yang terbatas. Jadi, akan susah untuk memilih sofa bed desain geser yang sesuai dengan selera Anda.

3. Desain Lipat Juga Pilihan yang Tepat

pinterest.com

Sofa bed dengan desain lipat sering kali menjadi pilihan masyarakat. Dan desain lipat ini mudah dijumpai di pasaran. Saat ini, sofa bed dengan desain lipat ini sudah bisa memiliki tiga fungsi sekaligus. Jika biasanya sofa bed desain lipat hanya berfungsi untuk tempat duduk dan tempat tidur, maka model sofa bed terbaru ini didesain juga bisa menjadi kursi malas. Keren banget kan? Sofa bed desain lipat ini cocok banget Anda taruh di ruang tamu. Apalagi jika Ada tamu yang akan menginap, Anda tinggal mengubahnya menjadi tempat tidur.

4. Pilih Dudukan dan Sandaran yang Empuk

pinterest.com

Coba bayangkan jika dudukan dan sandaran di sofa bed Anda keras, pastilah Anda tidak akan nyaman berlama-lama santai di sofa bed tersebut. Untuk itu pemilihan material pada dudukan dan sandaran juga perlu diperhatikan. Royal foam sepertinya sangat cocok jika dijadikan sebagai material pada dudukan dan sandaran. Terlebih royal foam sudah terbukti secara kualitas dan kenyamanannya.

5. Pilih Bahan Pelapis yang Mudah Dibersihkan

pinterest.com

Sofa bed yang bagus ialah yang mudah untuk dibersihkan. Untuk itu pemilihan bahan pelapis pada sofa pun perlu diperhatikan. Beberapa produk sofa saat ini juga sudah memberikan kemudahan dengan menciptakan sofa yang dudukan maupun sandarannya dapat dilepas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan sofa yang cepat kusam, sebab Anda bisa membersihkannya secara rutin.

6. Punya Ruang Penyimpanan

pinterest.com

Sofa bed yang banyak beredar di pasaran kini sudah memiliki fungsi yang banyak. Bahkan ada sofa bed yang punya ruang penyimpanan di bawah dudukannya. Bentuk sofa bed-nya pun lebih beragam. Dan itulah yang membuat sofa bed banyak digemari, karena multifungsi dan bisa menghemat ruang. Ruang penyimpanan pada sofa bed bisa Anda gunakan untuk menyimpan beberapa barang yang mungkin sudah jarang Anda gunakan.

Sofa bed minimalis memang menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka dengan furniture multifungsi. Lagi pula sofa bed minimalis juga bisa diletakkan di mana saja. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu minimalis Anda. Atau Anda juga bisa meletakkannya di ruang keluarga. Nah, sekarang sudah saatnya Anda untuk berbelanja sofa bed di Ajeg. Anda bisa pilih sofa bed yang sesuai dengan selera Anda, karena Ajeg menyediakan berbagai macam sofa, termasuk sofa bed. Selamat berbelanja!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek di Ajeg!

Penulis: Desy Rachmawati