Fasad Rumah Minimalis – Tahukah Anda, dalam bahasa Indonesia, fasad seringkali diartikan sebagai bagian teras rumah atau bangunan. Fasad sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari fasad dengan gaya japandi hingga modern. Biasanya, setiap rumah memiliki fasad yang digunakan untuk menunjukkan tampilan eksterior dari sebuah rumah.

Nah, fasad rumah sendiri tidak hanya melihat pada tipenya saja, melainkan juga dari bangunan rumahnya. Beberapa fasad rumah juga memiliki desain dengan nilai historis tersendiri. Untuk lebih mengenal tentang fasad rumah, mari simak artikel ini sampai selesai.

 

Apa itu fasad rumah?

Photo by Ярослав Алексеенко on Unsplash

Fasad rumah adalah sisi terluar dari sebuah bangunan. Istilah fasad sendiri berasal dari bahasa Prancis façade yang memiliki arti ‘depan’ atau ‘muka’. Pada umumnya, fasad rumah minimalis terletak di bagian depan rumah. Namun, ada pula fasad yang terletak di bagian belakang maupun samping rumah.

Kehadiran fasad untuk rumah cukup penting. Sebab, fasad akan memberikan tampilan yang berbeda pada bangunan rumah Anda. Selain dapat mempercantik bangunan rumah, ada beberapa fungsi lain dari fasad. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

  • Fasad rumah dapat menjadi first impression tamu ketika berkunjung ke rumah Anda dan para tamu pun akan terpesona dengan desain fasadnya.
  • Desain fasad biasanya dapat menunjukkan gaya arsitektur dari sebuah bangunan.
  • Fasad dapat melindungi rumah dari cuaca ekstrem, seperti panas, hujan, hingga angin. Fasad juga berfungsi untuk mengatur temperatur dan pencahayaan yang masuk ke dalam rumah.

Sebagai informasi tambahan, fasad rumah terbuat dari berbagai macam bahan, baik bahan alami maupun buatan. Berikut beberapa bahan yang biasanya dipakai untuk membuat fasad rumah.

  • Batu, bahan fasad yang satu ini sangat umum digunakan, terutama untuk rumah dengan gaya tradisional atau mediterania. Fasad dengan bahan batu memiliki tampilan yang natural dan elegan, serta dapat memberikan kesan yang kokoh dan kuat.
  • Kayu, bahan ini dipilih karena memiliki kesan yang hangat dan natural. Tidak hanya itu, kayu juga memberikan kesan nyaman dan menenangkan. Meski begitu, fasad berbahan kayu perlu Anda rawat secara rutin agar tidak mudah lapuk.
  • Keramik, untuk fasad rumah minimalis berbahan ini biasanya tahan lama dan mudah dibersihkan. Fasad dengan bahan keramik memiliki berbagai warna dan motif sehingga dapat Anda sesuaikan dengan gaya rumah.
  • Metal, bahan yang satu ini biasanya dipakai untuk rumah dengan gaya industri modern. Oh ya, bahan metal ini dapat membuat nuansa rumah menjadi lebih praktis.
  • Kaca, fasad berbahan ini cenderung lebih transparan sehingga dapat memberikan kesan luas dan terang untuk ruangan. Fasad kaca sendiri dapat digunakan untuk menciptakan hunian dengan kesan minimalis modern.

 

7 Inspirasi fasad rumah minimalis

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa referensi desain fasad yang dapat Anda terapkan pada rumah. Apa saja jenis atau tipe dari fasad rumah minimalis? Mari simak berikut ini.

1. Fasad rumah minimalis

Fasad rumah minimalis biasanya memiliki tampilan yang sederhana dengan garis-garis tegas. Facade tipe minimalis akhir-akhir ini disukai banyak orang. Hal ini karena desain fasadnya yang cenderung lebih modern dan simpel sehingga tidak akan membuat orang mudah jenuh. Fasad rumah minimalis juga dapat memunculkan kesan elegan, lho.

2. Fasad rumah mediterania

Untuk Anda yang menyukai gaya mediterania, fasad rumah juga memiliki desain tipe ini, lho. Fasad mediterania sendiri merupakan gaya bangunan dari Amerika. Gaya ini biasanya menggunakan warna-warna yang memberikan kesan lebih hangat, seperti kuning, krem, hingga merah bata.

3. Fasad rumah skandinavia

Ada juga fasad yang memiliki tipe skandinavia. Fasad rumah skandinavia ini memiliki tampilan gaya arsitektur minimalis modern. Tidak hanya itu, biasanya fasad tipe ini juga memiliki dominasi warna putih. Fasad skandinavia juga identik dengan unsur alami, seperti penggunaan warna hijau sehingga rumah terlihat lebih fresh.

4. Fasad rumah bohemian

Gaya desain yang menampilkan elemen-elemen yang eklektik dan tidak biasa identik dengan fasad rumah minimalis tipe bohemian. Gaya ini sering didasarkan pada budaya dan seni bohemian, yang dicirikan oleh kebebasan berekspresi, individualisme, dan kreativitas.

Fasad bohemian sering menggunakan warna-warna cerah dan berani, pola yang rumit, dan tekstur yang beragam. Bahan-bahan yang umum digunakan untuk fasad bohemian meliputi kayu, batu bata, dan logam.

5. Fasad rumah kontemporer

Fasad kontemporer adalah desain fasad rumah yang mengikuti tren dan perkembangan zaman. Gaya ini menggabungkan unsur-unsur modern dan minimalis dengan sentuhan kreatif dan unik. Fasad kontemporer sering dilengkapi dengan elemen-elemen fungsional seperti jendela besar untuk pencahayaan alami.

Tipe fasad kontemporer ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan rumah yang modern, elegan, dan fungsional. Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat menciptakan fasad kontemporer yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda.

6. Fasad rumah country

Fasad country adalah gaya fasad rumah yang didominasi oleh unsur kayu, dengan desain yang klasik dan sederhana. Tipe fasad ini biasanya dilengkapi oleh teras yang luas, dengan lantai dan atap berbahan kayu. Tanaman hijau dalam pot tanah liat juga sering digunakan sebagai ornamen untuk menambah kesan asri dan sejuk.

7. Fasad rumah mid-century

Fasad mid-century modern adalah gaya desain arsitektur yang populer pada pertengahan abad ke-20. Gaya ini menggabungkan elemen-elemen modern, seperti garis-garis geometris yang bersih dan bentuk-bentuk sederhana, dengan elemen-elemen tradisional, seperti atap datar dan jendela besar.

Nah, itu tadi beberapa inspirasi fasad rumah minimalis. Selain memperhatikan fasadnya, Anda juga perlu memberikan kenyamanan untuk rumah. Misalnya saja dengan mengatur furnitur nyaman di rumah. Untuk memberikan kenyamanan di rumah, kami merekomendasikan toko furnitur Ajeg yang sudah terkenal dengan kualitas produknya. Simak sampai akhir artikelnya, ya!

 

Toko furnitur terdekat yang bisa kamu pilih

beli sofa jogja di ajeg

Nah, untuk furniturnya, kamu bisa melakukan pembelian di Ajeg, baik datang langsung ke showroom atau via marketplace. Oh ya, lagi ada banyak promo menarik untuk pembelian secara online.

 

Lokasi showroom kami

Bagi kamu yang ingin mendatangi showroom  kami, berikut alamatnya.

AlamatJl. Raya Solo – Yogyakarta Jl. Sorogenen I No.KM.10, Sorogenan I, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Hari: Setiap hari

Jam Operasional: 08.00 – 21.00 WIB

Kami akan menyambut kedatanganmu dengan ramah. Sebelum datang ke showroom, kamu juga bisa menanyakan stok produknya terlebih dahulu melalui CS online kami.

 

Artikel terkait yang juga bisa kamu baca

Selain artikel ini, kamu juga bisa membaca artikel lainnya pada link berikut ini.

10 Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis ala K-Drama Populer

7 Rekomendasi Sofa Bean Bag Terbaik untuk Teman Santai

10 Rekomendasi Kasur Spring Bed Terbaik untuk Nyaman Tidur

10 Rekomendasi Sofa Ruang Tamu untuk Sambut Libur Nataru

Nah, itulah tadi beberapa ide rekomendasi produk dari kami. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!