Desain Interior Rumah Minimalis Sederhana — Salah satu hal terbaik dari mengatur sebuah ruangan ialah memilih palet warna yang tepat, baik untuk warna dinding maupun furnitur. Sejauh ini, banyak interior rumah yang memilih menggunakan palet warna netral hangat. Hal ini lantaran warna tersebut mampu memberikan ketenangan, keramahan, dan kehangatan di ruangan.

Namun, kali ini kami ingin memberikan referensi desain interior rumah minimalis sederhana dengan warna-warna yang terang. Karena menurut kami, warna yang lebih terang akan memberikan kesan cerah dan ceria—tentunya juga kesan segar untuk hunianmu. Sebelum mulai memberikan referensi warna terbaik untuk kamu, kami ingin menjelaskan psikologi warna terlebih dahulu. Langsung disimak, ya!

Baca juga: Inspirasi Kamar Tidur Sederhana dengan Warna Natural yang Estetik

Psikologi Warna untuk Interior Rumah

Kamu tidak boleh memilih palet warna yang sembarangan untuk desain interior rumah minimalis sederhana. Pasalnya, palet warna sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni rumah. Konsep psikologi warna sering dikaitkan dengan suasana hati, perasaan, perilaku, hingga emosi manusia. Mungkin kamu suka dengan palet warna biru, merah, atau kuning. Langsung saja simak interpretasinya berikut ini.

  • Putih: mampu menciptakan kesan damai dan tenang.
  • Merah: mampu menciptakan kesan cinta dan semangat.
  • Biru: mampu menciptakan kesan tenang, aman, damai, dan produktif.
  • Hijau: mampu menciptakan kesan natural, aman, alam, dan keberuntungan.
  • Kuning: mampu menciptakan kesan hangat, cerah, dan perhatian.
  • Ungu: mampu menciptakan kesan mewah, bijaksana, dan misterius.
  • Pink: mampu menciptakan kesan romantis dan baik.
  • Cokelat: mampu menciptakan kesan alam, aman, dan kekuatan.

6 Rekomendasi Warna Segar untuk Interior Rumah

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi warna segar untuk desain interior rumah minimalis sederhana. Kami memilih warna segar untuk hunianmu berdasarkan pilihan para desainer dari thespruce.com. Tenang saja, warna yang akan kami rekomendasikan tetap aman untuk kamu yang punya hunian minimalis maupun luas. Yuk, disimak!

Warna Lembut dengan Aksen Netral untuk Interior Rumah

Seorang desainer warna dari Glidden, Ashley McCollum, mengungkapkan bahwa warna lembut dengan aksen netral bisa menjadi pilihan. Warna yang satu ini akan meningkatkan suasana interior di rumahmu. Katanya,

Sama seperti warna bunga musim semi yang mekar, saat kita melihat warna lembut netral yang sedang tren musim ini,”—McCollum.

Warna lembut dengan aksen netral sangat mudah untuk dipadukan dengan warna favoritmu. Untuk furnitur rumahnya, saran dari kami, kamu bisa menggunakan elemen kayu alami. Di sisi lain, kamu juga bisa menggunakan warna pastel yang lembut. Malah, warna pastel ini sangat ideal untuk kamu pilih karena juga berfungsi sebagai warna netral.

Sama seperti Ashley, Caron Woolsey dari CW Interiors juga mengatakan hal yang sama. Jika perihal desain interior rumah minimalis sederhana, pemilihan warna dasar yang lembut sangat lah tepat. Katanya,

Kami condong ke warna dasar yang lembut, seperti pink dan hijau segar,”—Woolsey.

Warna Netral dengan Nuansa Alam yang Menyegarkan

Woolsey tampaknya juga setuju jika warna netral dengan nuansa alam juga cocok untuk desain interior rumah minimalis sederhana. Inspirasi warna yang satu ini akan memberikan suasana alam bebas. Saat ini, pemilihan palet warna dengan nuansa terang yang meledak-ledak memang sedang tren. Namun, ada perasaan nyaman yang berbeda ketika tinggal di rumah dengan interior warna netral bernuansa alam. Rasanya menjadi sangat nyaman ketika kita menikmati nuansa alam di dalam rumah. Seperti katanya,

Saat pohon-pohon bermekaran dengan cerah dan semak-semak semua berwarna merah mudah atau ungu, segera warna itu jadikan referensi dan terapkan di hunianmu,”—Woolsey.

Anyway, warna biru langit juga bisa kamu jadikan referensi desain interior rumah minimalis sederhana. Intinya, kamu jangan ragu untuk menerapkan warna-warna netral untuk hunianmu. Selain itu, kamu perlu juga mengatur desain maupun warna dari furnitur rumahmu. Pasalnya, jika kamu ingin ruangan tampil lebih stand out, maka furniturnya pun harus dipilih dengan tepat. Untuk furnitur yang tepat ini, kamu bisa memilih showroom Ajeg Mebel atau ajeg.co.id.

Tak Lekang oleh Waktu, Kamu Bisa Pilih Warna Hijau

Semua orang tampaknya setuju jika warna hijau akan menciptakan suasana yang segar. Warna hijau sangat cocok untuk setiap interior di rumah. Bisa pula dibilang, warna hijau merupakan warna musim yang tak lekang oleh waktu. Oleh karena itu, desain interior rumah minimalis sederhana bisa menggunakan warna yang satu ini.

McCollum mengungkapkan jika penghuni rumah tidak perlu mengganti warna interiornya secara terus-menerus. Pasalnya, hijau sudah dianggap sebagai warna long lasting. Untuk pilihan warna hijau sendiri ada beragam jenisnya. Kamu bisa memilih warna hijau lumut, army, mint, sage green, dan masih banyak lagi.

Warna hijau sangat cocok untuk dipadukan dengan kayu alami. Warna ini juga memiliki aksen berani. Hijau juga menampilkan kesan pencahayaan yang nyata,”—Woolsey.

Pilihan Warna Ungu dan Biru Muda yang Bikin Eye Catchy

Senang rasanya apabila memiliki desain interior rumah minimalis sederhana yang dapat bertahan lama alias long lasting. Seperti yang diungkapkan oleh McCollum, jika menggunakan batasan waktu tertentu, bermain dengan warna adalah hal yang tepat. Katanya,

…menyenangkan untuk menambahkan beberapa warna dan kegembiraan pada sebuah ruangan,”—McCollum.

Desain interior rumah minimalis sederhana pastinya akan sangat cocok jika kamu menerapkan palet warna ungu atau biru muda. Sebab, kedua palet warna itu akan memberikan perasaan menenangkan. Atau, kamu juga bisa memilih warna oranye yang lembut. Pada intinya, kamu bisa bermain warna jika ingin menciptakan interior yang nyaman dan eye catchy.

Warna Pastel Sangat Cocok untuk Pilihan Furnitur Rumah

Pastel memang sangat bagus untuk desain interior rumah minimalis. Warna yang satu ini akan memberikan aksen lembut dan hangat di ruangan. Untuk penerapannya, bisa kamu lakukan saat memilih dekorasi atau furnitur. Ada banyak warna pastel yang dapat kamu pilih, dan tentunya kamu bisa memilih sesuai dengan rasa nyamanmu.

Anyway, kamu juga bisa memilih warnanya sesuai dengan favoritmu. Warna pink lembut, hijau lembut, biru lembut, kuning lembut, dan masih banyak warna pastel lainnya yang saat ini sedang tren. Kehadiran warna pastel akan membuat ruangan di sekitar tampak cantik.

“…benar-benar warna pastel akan mengubah suasana ruangan,”—Woolsey.

Suasana Rumah Menjadi Semakin Ceria dan Menyenangkan dengan Warna Kuning Pastel

Photo by About The Web on Unsplash

Warna kuning memang terbilang jarang digunakan untuk desain interior rumah sederhana. Alasannya, warna ini terlalu mencolok. Padahal menurut para desainer, termasuk Griffin, jika kamu pandai memadukannya warna kuning pastel sangat lah tepat. Apalagi jika kamu berani memadukan warnanya dengan warna ceria lainnya.

Kuning sangat penting. Jika kamu bisa memadukannya dengan nuansa hijau dan biru laut yang indah, kuning dapat berubah menjadi rumah impian semua orang,”—Griffin.

Pemilihan warna kuning sebagai salah satu aksen di desain interior rumah minimalis sederhana mampu menciptakan suasana semangat. Di sisi lain, palet warna ini juga akan menunjukkan suasana yang ringan dan segar. Dengan begitu kamu akan mampu mengembangkan perasaan nyaman ketika tinggal di dalam rumah.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Sederhana, Bisa Ditiru!

Rekomendasi Furnitur untuk Desain Interior Rumah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa furnitur untukmu. Kami merekomendasikan furnitur dengan kualitas terbaik untukmu dari Kinami Living dan juga ajeg.co.id. Disimak, ya!

Sofa Sudut Chio, Maksimalkan Sudut Ruang di Rumahmu

Rekomendasi yang pertama untuk desain interior rumah minimalis milikmu ialah sofa sudut Chio. Sofa yang satu ini menjadi pilihan banyak pelanggan Ajeg Mebel. Dengan ukuran 200 x 90 x 90 cm, sofa sudut Chio  menjadi salah satu furnitur ruang tamu yang nyaman untuk digunakan bersantai. Dudukan dan sandaran sofa sudut Chio menggunakan busa royal foam, sehingga memberikan keempukan saat kamu bersantai bersama keluarga.

Nakas Minimalis Rui, Storage Mungil untuk Simpan Barang

Lalu ada rekomendasi produk furnitur minimalis modern Rui. Nakas minimalis yang satu ini terbuat dari kayu jati yang tentunya memiliki sifat kuat, awet, dan bertekstur cantik. Selain itu, Rui juga memiliki warna cokelat yang natural dengan bagian depannya berdesain mozaik. Kehadiran nakas Rui ini akan memberikan suasana estetik untuk desain interior rumah minimalis sederhana milikmu.

Rak TV Gina, Santai Nonton Film Kesayangan

Produk furnitur minimalis modern selanjutnya yang akan kami rekomendasikan ke kamu ialah rak TV Gina. Bagi kamu yang memiliki konsep ruang open space, Gina sangat cocok untuk dijadikan sekat. Selain menjadi sekat ruangan, kamu juga bisa menggunakan Gina untuk menciptakan kenyamanan nonton bareng kesayangan di ruang keluarga.

Baca juga: Jangan Terlewat, 6 Desain Furniture Minimalis Ini Wajib Dimiliki!

Kata Mereka Tentang Kami

Nah, itulah tadi rekomendasi warna untuk desain interior rumah minimalis sederhana milikmu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R