Tips Menu Sahur Sehat – Menjalani puasa dengan badan sehat dan segar adalah impian semua umat muslim di dunia. Untuk menjaga badan tetap bugar, salah satu caranya adalah dengan memenuhi asupan gizi makanan. Asupan gizi makanan yang terpenuhi tentu akan membuat tubuh menjadi lebih kuat menjalani ibadah puasa. Menu makanan yang sehat, sebenarnya tidak hanya untuk buka puasa saja. Akan tetapi, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat pada saat sahur.

Untuk itu, kamu juga tak boleh sembarangan memilih menu sahur. Jangan sampai kamu memilih menu sahur yang tidak sehat, itu akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuhmu. Nah, karena itu kami akan memberikan tips menu sahur sehat untukmu. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari Ajeg Mebel yang cocok untuk menemani waktu sahurmu. Yuk, langsung disimak.

7 Tips Menu Sahur Sehat untuk Kebugaran Tubuh

Makanan yang sehat dengan kandungan banyak gizi, tentu sangat tepat untuk dikonsumsi selama puasa. Makanan yang sehat tentu akan membuat tubuhmu menjadi lebih bugar. Kamu pun juga bisa menjalani puasa dengan semangat. Ada beberapa cara dan tips yang dapat kamu lakukan untuk memilih menu makanan sehat. Yuk, langsung simak berikut ini.

Memastikan Tubuh Terpenuhi Asupan Cairannya

Photo by engin akyurt on Unsplash

Tahukah kamu bahwa tubuh manusia membutuhkan ± 2,5 liter air putih setiap harinya? Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada sekitar 8 gelas air per hari untuk asupan cairannya. Setiap orang biasanya akan memiliki kebutuhan asupan cairan yang berbeda-beda. Hal ini lantaran dipengaruhi oleh usia, berat badan, jenis kelamin, dan masih banyak lagi.

Tips menu sahur sehat dengan air putih ini penting banget untuk kamu perhatikan sehingga tubuh tidak dehidrasi. Oh ya, selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa buah-buahan yang kaya mineral maupun vitamin. Dengan begitu, tubuhmu akan lebih berenergi dan tidak mengalami dehidrasi lagi.

Mengonsumsi Menu dengan Kandungan Karbohidrat Kompleks

Photo by Catia Climovich on Unsplash

Tips menu sahur sehat selanjutnya ialah kamu harus mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ini memiliki nilai gizi yang baik sehingga sehat untuk kamu konsumsi. Kamu bisa mendapatkan karbohidrat kompleks ini dari jenis makanan seperti kacang polong, gandum, roti, dan nasi.

Bagi kamu yang belum tahu, karbohidrat sendiri memang terbagi menjadi dua, yakni karbohidrat sederhana dan kompleks. Meski terbagi menjadi dua, jenis karbohidrat ini tetap dibutuhkan oleh tubuhmu. Pasalnya dengan karbohidrat yang tercukupi, kamu bisa menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, puasa yang kamu jalani pun akan berjalan dengan lancar karena tubuhmu bugar.

Makanan dengan Protein Tinggi Bisa Kamu Pilih

Photo by Sam Moqadam on Unsplash

Selanjutnya, tips menu sahur sehat dari kami ialah kamu bisa memilih makanan yang berprotein tinggi. Makanan yang tinggi protein akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Selain itu, protein juga akan membantu tubuh tetap bugas sehingga kamu kuat menjalani ibadah puasa seharian.

Protein juga menghasilkan enzim dan hormon yang akan memperbaiki sel di dalam tubuhmu. Tentunya keduanya, enzim dan hormon, akan membantumu menjaga fungsi sel dengan baik. Ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi, yakni daging ayam tanpa kulit, ikan, hingga susu rendah lemak. Tips menu sahur sehat ini juga bisa kamu terapkan saat berbuka puasa.

Memilih Makanan Berlemak Sehat, Jangan yang Jahat

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Kamu mungkin akan berpikiran jika makanan berlemak sangat menakutkan. Padahal tidak semua makanan yang berlemak berbahaya. Sebab, ada beberapa makanan berlemak yang justru baik dan bermanfaat untuk tubuh, seperti ikan, biji-bijian, alpukat, hingga kacang-kacangan. Meskipun makanan-makanan tersebut aman untuk dikonsumsi, kamu tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Tips menu sahur sehat ini akan membuat tubuhmu merasakan kenyang dalam waktu lama.

Jangan Mengonsumsi Makanan yang Digoreng atau Berminyak

Photo by Somia Lone on Unsplash

Makanan yang digoreng atau berminyak memang terlihat sangat enak. Apalagi jika kamu memakan gorengan favoritmu. Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan yang digoreng atau berminyak juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan tips menu sahur sehat juga tidak menganjurkan kamu untuk mengonsumsi makanan yang banyak minyaknya. Makanan yang berminyak akan memberikan dampak tidak baik pada tubuhmu, yakni penyumbatan pembuluh darah. Jika sudah terjadi penyumbatan, maka oksigen pun berkurang. Alhasil, tubuhmu akan merasakan kantuk yang berlebihan di siang hari.

Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Zat Besi dan Magnesium

Photo by Bakd&Raw by Karolin Baitinger on Unsplash

Lalu, tips menu sahur sehat selanjutnya yang tak boleh kamu lupakan ialah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi dan magnesium. Baik zat besi maupun magnesium memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Keduanya akan memberikan energi kepada tubuh sehingga kamu bisa menjalani puasa dengan lancar. Selain itu, tubuhmu juga akan bugar. Magnesium sendiri memiliki manfaat untuk menjaga metabolisme tubuh, menghasilkan enzim, hingga menjaga kesehatan tulang dan jantung. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsinya dengan baik.

Jangan Mengonsumsi Terlalu Banyak Menu Manis

Photo by Courtney Cook on Unsplash

Saat berbuka puasa, kamu memang dianjurkan untuk mengonsumsi menu yang manis sehingga tubuhmu memiliki energi. Walaupun begitu, tips menu sahur sehat tidak menganjurkan kamu untuk mengonsumsi gula terlalu banyak. Sebab, konsumsi gula yang terlalu banyak akan membuat tubuhmu mengalami lelah dan juga timbul rasa mengantuk. Terlebih, konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan sindrom metabolik klasik, yakni obesitas, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, hingga peningkatan LDL.

Baca juga: 8 Rekomendasi Film Marvel Terbaik, Cocok Ditonton Saat Me Time

Rekomendasi Produk Furnitur Minimalis untuk Dapur di Rumahmu

Selanjutnya, Minaj akan memberikan rekomendasi produk furnitur minimalis untuk dapur di rumahmu. Kehadiran furnitur minimalis akan membuatmu lebih nyaman ketika menerapkan tips menu sahur sehat. Kami memilih produk ini dengan teliti dan memperhatikan kualitasnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan produk furnitur untuk dapur yang tepat. Yuk, langsung simak rekomendasinya berikut ini.

Meja Sederhana untuk Keluarga Kecil

beli meja makan jogja murah

Apakah kamu ingin upgrade meja makan minimalis di rumahmu? Jika ya, maka meja makan dengan kerangka kayu jati ini sangat cocok untukmu. Dengan nama Kotatsu, meja makan yang ditawarkan oleh Ajeg Mebel ini memiliki kualitas bagus. Kamu juga tak perlu khawatir meja atau kursinya akan rusak karena kerangkanya kuat. Kehadiran meja makan ini akan membuatmu nyaman saat menerapkan tips menu sahur sehat.

Hemat Tempat, Cocok untuk Ruang Minimalis di Rumahmu

Sulit cari meja makan yang nyaman tapi tetap hemat tempat? Kalau begitu, coba pertimbangkan memilih meja makan dari Ajeg Mebel. Produk meja makan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya ruang minimalis. Yakin deh, kehadiran meja makan ini akan membuat mood kamu dan keluarga naik sehingga santap sahur dengan tips menu sahur sehat bisa kamu lakukan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Furniture untuk Desain Ruang Keluarga Minimalis

Bisa untuk 6 Orang, Meja Ini Cocok Bagi Kamu dan Keluargamu!

Ingin membeli meja makan yang dapat digunakan untuk 6 orang? Produk dari Ajeg Mebel ini sangat cocok untukmu. Produk yang satu ini merupakan seri terbaru dari meja makan Ajeg. Jika produk meja makan yang sebelumnya hanya memiliki empat dudukan saja, tapi meja makan Masato & kursi Noa ini memiliki enam kursi yang nyaman. Kamu dan keluarga bisa menikmati makan bersama dengan produk yang satu ini.

Testimoni dari Pelanggan Kami

Nah, itulah tadi tips menu sahur sehat dan beberapa rekomendasi produk meja makan kayu jati untukmu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.