Karpet Lantai Motif – Apakah kamu perlu mengganti tampilan ruang di rumahmu? Jika iya, maka solusi termudahnya ialah kamu bereksperimen dengan alas lantai yang memiliki corak unik, dan tentunya sedang menjadi tren di kalangan interior desain. Bagi kamu yang ingin bereksperimen dengan alas lantainya, Minaj akan membantumu. Ada beberapa tips yang akan Minaj bagikan ke kamu, agar lebih mengenal kegunaan dari alas lantainya. Nggak hanya itu, Minaj akan bagikan ke kamu beberapa rekomendasi alas lantai yang cocok untukmu. Langsung simak saja berikut ini.

Kenalan Lebih Dekat dengan Karpet

Sebagai salah satu produk add-ons untuk dekorasi ruang, karpet lantai motif atau yang juga kerap disebut permadani ini merupakan tekstil penutup lantai. Maksudnya ialah terbuat dari lapisan yang biasanya memiliki bulu dan melekat pada alasnya. Nah, untuk istilah karpet sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Italia kuni carpita, ‘carpie’ yang memiliki arti membului. Permadani atau karpet ini mulai terkenal setelah adanya jalur perdagangan antara Persia dengan Eropa barat sekitar abad ke-17. Sebenarnya, penyebutan permadani ini juga sering orang gunakan untuk menyebut alas meja makan, tapi kali ini kita sempitkan penyebutannya menjadi alas lantai.

Negara penghasil karpet lantai motif yang terkenal ialah Turki. Produksi karpet Turki terkenal berkualitas dengan motif yang beragam. Di negara Turki, karpet mulai populer pada abad ke-13. Pada waktu itu, karpet tidak hanya menjadi barang wajib yang ada di rumah, melainkan juga digunakan untuk menghangatkan kaki dari cuaca yang ekstrem. Bahkan di Turki, karpet terkadang memiliki manfaat sebagai wallpaper dinding. Nah, untuk ukuran karpet yang lebih kecil, biasanya akan masyarakat gunakan untuk alas beribadah salat.

Baca juga: 6 Tips dan Ide Dekorasi Rumah untuk Referensi Hunian Impian

Ada beberapa fakta yang membuat karpet lantai motif ini populer, salah satunya ialah karena awet dan motifnya yang cantik. Motifnya yang cantik ini membuat beberapa karpet memiliki harga yang lebih mahal. Karpet sendiri juga terbuat dari bahan yang berkualitas, mulai dari benang sutera, wol, hingga kapas. Nah, untuk satu permadani kecil dengan motif saja pembuatannya bisa memakan waktu lumayan lama, karena mementingkan kualitasnya.

Rekomendasi Karpet untuk Ruangan di Rumahmu

Ada beberapa rekomendasi karpet lantai motif untuk menambah kecantikan ruangan di rumahmu. Langsung saja simak rekomendasinya berikut ini yuk.

Karpet Lembut dengan Warna Netral

Untuk karpet lantai motif, kamu bisa memilih menggunakan palet warna netral. Warna netral memang menjadi pilihan yang tepat untuk hunianmu, karena tidak akan membuat hunianmu tampak sempit. Sebaliknya, warna netral dari karpet malah akan membuat hunianmu terlihat lebih lega. Atau, bisa juga kamu memilih karpet dengan palet warna vintage, itu malah akan membuat hunianmu tampil lebih unik. Yang pasti, pilihan karpet dengan warna yang netral dan lembut akan menciptakan kenyamanan untuk penghuni rumahmu.

Memilih Karpet Meteran, Agar Mudah Disesuaikan dengan Ruangmu

Rekomendasi karpet lantai motif selanjutnya ialah yang memiliki ukuran meteran. Dengan alas lantai yang meteran ini, kamu bisa menyesuaikan ukuran ruangmu dengan mudah. Untuk alas lantai tipe ini, kamu bisa kok menempatkannya di kamar, ruang tamu, ruang keluarga, dan ruangan lainnya. Yang pasti kamu bisa menyesuaikan dengan ruanganmu, jika terlalu panjang karpetnya, maka kamu bisa memotongnya menggunakan gunting maupun alat pemotong lainnya.

Karpet Bulu Rusfur yang Lembut

Ingin mendapatkan kenyamanan saat memijakkan kaki di karpet? Kalau begitu, kamu bisa memilih karpet lantai motif dengan bahan rusfur. Karpet rusfur ini memang didesain secara khusus untuk tempat yang santai. Biasanya di bagian dalam karpetnya akan dilengkapi dengan busa yang cukup tebal, sehingga jika kamu gunakan untuk bersantai akan nyaman, empuk, dan tentunya lembut. Oh ya, saat kamu memijakkan kaki ke rusfur, tentunya kakimu akan terasa hangat.

Baca juga: Tempat Tinggal Suku Dayak, Intip 10 Fakta Rumah Adat Kalimantan Timur Ini!

Karpet dengan Bahan Runner

Selanjutnya, kamu bisa menempatkan karpet lantai motif dengan jenis runner. Karpet runner ini memiliki desain untuk menutupi area ruang di rumahmu yang memiliki bentuk memanjang dengan lebar yang pendek. Biasanya karpet jenis ini akan cocok untuk bagian alas anak tangga di rumah—jika rumahmu memiliki desain lantai dua.

Berbentuk Bulat, Karpet Ini Tetap Nyaman

Kemudian ada karpet lantai motif yang memiliki bentuk bulat. Meski berbentuk bulat, karpet ini tetap nyaman dan jika dipijak. Tak hanya itu, kehadiran karpet ini juga akan membuat hunianmu terlihat lebih artistik karena memiliki alas lantai yang berbentuk bulat. Biasanya karpet jenis ini akan digunakan di ruang keluarga maupun ruang tamu.

Karpet yang Terbuat dari Wol

Ada pula karpet lantai motif yang terbuat dari wol. Material wol sendiri merupakan bahan terbaik yang banyak digunakan untuk membuat karpet. Selain itu, bahan wol juga cukup populer karena kelembutan dan keawetannya. Keunggulan lainnya dari alas lantai berbahan wol ialah mudah kamu bersihkan jika kotor, juga tidak mudah bernoda, dan memiliki tampialn yang elegan. Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana elegan di rumah, sepertinya memiliki jenis alas lantai ini sangat lah cocok.

Karpet dengan Bahan Katun Juga Nyaman

Meski harganya lebih murah daripada karpet lantai motif yang terbuat dari bahan wol, akan tetapi alas lantai berbahan katun ini tetap nyaman digunakan. Meski begitu, biasanya alas lantai yang terbuat dari katun tidak awet dan tentunya memiliki penampilan yang tidak semewah alas lantai yang terbuat dari bahan wol.

Nah, itulah tadi rekomendasi karpet untuk kenyamanan ruangan di rumahmu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.