Manfaat Tanaman Porang – Tanaman yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri ini memang sedang terkenal di kalangan masyarakat, termasuk para pebisnis yang terjun ke dunia ekspor porang. Tanaman yang juga kita kenal sebagai umbi-umbian atau iles-iles ternyata memiliki banyak kegunaan selain menjadi sumber tanaman untuk ekspor. Minaj lansir dari laman resmi Kementerian Pertanian, diketahui jika porang kerap menjadi bahan pembuatan tepung, penjernih air, chips, hingga kosmetik. Selain itu, porang juga kerap menjadi bahan pembuatan lem serta jelly. Banyaknya manfaat umbi-umbian ini membuatnya kerap diekspor ke luar negeri, termasuk Jepang.

[lwptoc depth=”2″ float=”center”]

Umbi-umbian ini biasanya tumbuh subur di daerah dengan ketinggian 0 – 700 mdpl. Bisa dibilang tanaman umbi yang satu ini tidak terlalu sulit untuk kamu budidayakan. Daerah yang diketahui terkenal membudidayakan porang yakni Pasuruan, Bandung, Maros, Wonogiri, Madiun, dan beberapa daerah lainnya. Banyaknya manfaat tanaman porang, Minaj akan jelaskan satu persatu agar kamu lebih mudah memahaminya. Langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Manfaat Tanaman Porang untuk Dibudidayakan

Berikut beberapa manfaat dari tanaman umbi-umbian ini yang perlu kamu tahu.

Memiliki Serat yang Kaya

Manfaat tanaman porang yang pertama ialah kaya akan kandungan serat. Kandungan serat yang banyak ini akan sangat bermanfaat untuk industri makanan. Karena memiliki banyak serat, porang bisa kamu jadikan sebagai bahan pengganti agar-agar. Selain itu, kandungan seratnya yang banyak juga akan mengurangi rasa lapar atau mempercepat rasa kenyang.

Mampu Mengontrol Gula Darah

Selain memiliki serat yang kaya, ternyata manfaat tanaman porang lainnya ialah dapat mengontrol gula darah. Hal ini lantaran tanaman umbi-umbian ini memiliki kandungan glukomanan yang akan membantu menekan proses produksi hormon pemicu lapar. Hormon pemicu lapar yang dapat terkontrol, tentu akan membuat nafsu makan lebih terkendali. Oleh karena itu, porang sangat cocok untuk penderita gula.

Menjadi Bahan Tepung untuk Keperluan Hidup Sehari-hari

Sebelumnya, Minaj sudah menyinggung tentang manfaat tanaman porang untuk kosmetik. Dan ternyata umbi-umbian jika menjadi tepung dapat kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari, termasuk obat-obatan. Porang sendiri juga dapat kamu jadikan sebagai bahan pembuatan kue, es krim, permen, roti, lem, cat, dan masih banyak lagi.

Cara Membudidayakan Porang

Ada beberapa cara untuk membudidayakan porang, seperti memperhatikan bibit hingga cara menanamnya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan manfaat tanaman porang secara lebih, maka harus mengetahui bahwa umbi-umbian yang satu ini dapat kamu tanam secara generatif dan vegetatif. Kemudian untuk perawatannya, porang tidak harus kamu tanam di tanah yang gembur dan tergenang air. Biasanya porang bisa tumbuh di tanah dengan pH 6-7. Oh ya, umbi-umbian ini biasanya membutuhkan tanaman penyangga, kamu bisa menanam pohon jati, mahoni, atau sono untuk menjadi teman dari porang.

Apakah Porang Cocok untuk Bisnis?

Akhir-akhir ini porang sering dijadikan sebagai komoditi ekspor. Tak heran sih, karena harga porang bisa mencapai Rp2.500 untuk satu umbi saja dengan perkiraan berat 4 kg. Bahkan ada yang menyebut jika porang dengan jumlah pohon 100 bisa menghasilkan hingga Rp1 juta. Tentu saja hal perhitungan ini sangat menggiurkan dan banyak petani yang memilih mengekspor porang ke luar negeri.

Nah, itulah tadi sedikit tentang porang, tanaman umbi-umbian yang cocok untuk kamu jadikan bisnis selain furnitur. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy Rachma.