Ruang Tamu Aesthetic – Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul di benak kita adalah ‘bagaimana caranya menciptakan living room yang nyaman dan tampil menawan?’—termasuk bernuansa estetik. Jujur saja, sering kali nuansa akhir ruangan itu kadang sulit untuk kita ciptakan, apalagi jika berhubungan dengan suasana hati. Kamu mungkin membeli furnitur baru, kemudian meletakkannya dengan rapi di ruangan, tapi tetap saja nuansanya tidak bisa seperti yang kamu inginkan, yakni tenang, hangat, ramah, dan tampil menawan. Semua hal telah kamu siapkan untuk menciptakan nuansa tersebut, sayangnya rencana tersebut membutuhkan banyak pemikiran.

Ini bukan hanya tentang furnitur branded atau membeli banyak dekorasi ruang. Ruang tamu aesthetic yang nyaman akan membuatmu merasakan senang ketika tinggal di dalamnya. Untuk menciptakannya, tentu kamu harus memperhatikan beberapa hal. Seperti mulai mencari cara terbaik penataan ruang, mengatur pencahayaannya, hingga mencari tahu material yang digunakan untuk membuat furnitur rumahmu. Intinya, ketika kamu ingin mendapatkan kenyamanan di ruangan, maka tidak hanya berfokus pada penampilannya saja (indra penglihatan), melainkan kamu juga harus mempertimbangkan semua indra.

Untuk menciptakan ruang tamu asthetic itu, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan dan pertimbangkan.

Menciptakan Living Room dengan Nuansa Krem

Bagi kamu yang suka dengan nuansa earthy, bisa banget kok menciptakan ruang tamu aesthetic dengan dominan warna krem. Dengan dominasi warna krem, kamu bisa menempatkan furnitur kayu. Untuk sofanya, kamu bisa memilih sofa dengan warna krem atau cokelat keabuan. Selain menambahkan sofa dan furnitur, kamu juga bisa kok memasang dekorasi ruang, seperti rak ambalan, yang tentunya akan membuat ruangan di hunianmu semakin estetik. Menempatkan karpet di ruangan juga bisa kamu lakuin kok, malah kehadiran karpet akan membuat kaki semakin nyaman dan terasa hangat ketika berpijak. Oh ya, pilih furnitur maupun dekorasi ruang yang unik dan nyaman, sehingga kesan estetik makin terasa.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, Ini Ciri Khas dan Keunikan Rumah Adat Lampung!

Warna krem untuk ruang tamu aesthetic bisa kamu padukan dengan warna putih dinding. Dinding yang berwarna putih akan menciptakan kesan hangat untuk ruanganmu. Tidak hanya itu, warna putih juga akan membuat nuansa di ruangan menjadi terasa lebih alami. Kamu juga bisa menambahkan warna komplementer lainnya yang berlawanan dengan warna dominan di ruanganmu, seperti biru atau cokelat tua. Menggabungkan beberapa warna akan menciptakan kesan yang menarik untuk tampilan ruangmu.

Matikan Lampu Jika Tidak Kamu Gunakan

Menciptakan ruang tamu aesthetic tidak harus lampu di ruangan menyala terus. Kamu bisa kok mematikan lampu jika tidak digunakan. Terus menyalakan lampu, termasuk di siang hari, itu akan membuat ruangan terlalu terang dan malah udara menjadi panas. Ada baiknya kamu mulai memasang sakelar on dan off lampu, sehingga kamu bisa mengatur kapan lampu menyala. Dengan adanya sakelar selain membuat ruanganmu nyaman dan aesthetic, kamu juga bisa menghemat biaya listriknya. Memang benar dengan adnaya lampu di ruangan, maka bisa membantumu mengatur pemandangan dengan cahaya yang lebih lembut dan tersebar. Namun, jika kamu menyalakannya terus menerus itu akan membuat udara di ruangan panas—terutama ketika di siang hari. Ada baiknya kamu ketika di siang hari menggunakan cahaya alami, selain menciptakan kenyamanan di ruangan, kehadiran cahaya alami juga akan membuat sirkulasi udara baik.

Gunakan Furnitur dengan Standar Ergonomis yang Nyaman

Ruang tamu aesthetic tidak hanya berbicara pada tampilan warna di ruang saja. Kamu perlu sekali memperhatikan perihal furnitur ruangannya. Pilih furnitur ruang yang nyaman kamu gunakan, tentunya yang dibuat dengan memperhatikan standar ergonomis. Jika kamu bingung bagaimana penataan ruangnya, sebenarnya kamu hanya perlu mengukur kenyamananmu. Saran dari Minaj, kamu bisa menempatkan sofa di sudut ruangan. Dengan begitu kamu telah memberikan space ruang yang lebih besar. Dengan ruangan yang lebih besar, tentunya kamu bisa menambahkan dekorasi dinding. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan dekorasi dinding karena akan membuat ruanganmu terasa lebih sumpek. Oh ya, pilih furnitur yang mampu memberikan kesan aesthetic dan kehangatan di ruangan.

Baca juga: Bagaimana Mendekorasi Ruang Kecil? Ini 7 Langkah Mudahnya!

Tambahkan Aroma Kehangatan yang Menenangkan di Ruangan

Aroma tak hanya ada di dapur. Kamu bisa menggunakan aroma wangi untuk ruang tamu aesthetic. Gunakan aroma yang mampu menciptakan nuansa hangat dan tenang di ruangan. Pastikan ruanganmu setiap hari memiliki aroma yang enak. Apalagi living room yang sering kali menjadi tempat pertama dimasuki tamu, tentu kamu harus menciptakan aroma yang membuatnya nyaman. Ketika malam hari, kamu bisa menyemprotkan pengharum ruangan agar tetap terjaga aroma fresh-nya.

Menambahkan Cermin di Ruangan

Sudah ada banyak ahli yang mengatakan bahwa kehadiran cermin akan membuat ruanganmu terasa lebih lega. Hal itu memang benar, tapi ada keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan ketika menambahkan cermin di ruang tamu aesthetic. Salah satunya ialah mampu menciptakan pantulan cahaya dan bayangan di sekitar ruangan, sehingga mampu menciptakan kesan yang aesthetic. Saat ini ada banyak desain cermin yang bisa kamu pilih, mulai cermin yang ditempel di dinding atau standing mirror. Jadi, kamu bisa pilih cermin desain apa yang paling cocok untukmu.

Nah, itulah tadi bagaimana cara membuat ruang tamu aesthetic dengan mudah dan bisa kamu terapkan sendiri. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.