Mendekorasi Ruang Kecil – Untuk urusan desain-mendesain sebenarnya kamu bisa menyerahkan pada ahlinya, yakni desainer interior. Namun, bagaimana jika biaya yang harus kamu keluarkan sangat banyak? Dan kamu ingin lebih hemat budget. Kalau begitu, kamu bisa mulai mendesain ruanganmu sendiri. Mungkin kegiatan mendesain ruangan bagi beberapa orang adalah hal yang menakutkan. Namun, ingat lah bahwa dengan langkah yang tepat, kamu bisa menciptakan interior menawan dan nyaman untuk hunianmu.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendekorasi ruang kecil. Apa saja langkah mudahnya? Simak berikut ini.

Mengatur Mood Terlebih Dahulu

Hal pertama dan wajib banget kamu lakukan ialah mengatur mood terlebih dahulu ketika ingin mendekorasi ruang kecil. Tanyakan pada dirimu sendiri, apa konsep desain yang ingin kamu terapkan untuk rumahmu. Ketika kamu memiliki mood yang bagus, pastinya kegiatan untuk mendekorasi rumah menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, saat memilih warna interior ruangan, kamu perlu memilih warna yang mampu membuat suasana hati nyaman.  dengan berfokus pada mood atau suasana hati, tentu kamu bisa menciptakan ruang dengan gaya eklektik yang sesuai dengan dirimu.

Cari Banyak Referensi dan Inspirasi untuk Dekorasi

Ada banyak referensi yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk mendekorasi ruang kecil. Mungkin kamu suka membaca majalah tentang interior, nah coba cari desain interior di majalah favoritmu tersebut. Apabila memungkinkan, kamu bisa menerapkan desain interiornya tersebut untuk hunianmu. Atau kamu sering menonton drama dan ada beberapa referensi desain rumah di drama yang menarik perhatianmu? Kamu bisa kok menerapkannya untuk hunianmu. Misalnya kamu masih kebingungan untuk memilih referensi, maka bisa juga berkolaborasi dengan penghuni rumah lainnya untuk mendekorasi hunian.

Baca juga: Intip 4 Gaya Dekorasi Rumah Perancis, Bisa Jadi Referensimu!

Wujudkan Menjadi Kenyataan

Terkadang kamu memiliki keinginan untuk mendekorasi ruang kecil, akan tetapi belum berani untuk mewujudkannya. Untuk itu, mulai lah perlahan mewujudkannya menjadi kenyataan. Apabila kamu ingin sofa dengan kain pelapis yang mudah dibersihkan dan antirobek dengan cakaran hewan, maka kamu bisa langsung membelinya. Cari referensi sofa dengan detail material dan kelebihan yang kamu mau. Atau ketika kamu ingin menciptakan ruang kerja sendiri, maka coba lah untuk membuatnya di rumahmu. Untuk masalah budget kamu bisa kok menggunakan biaya seminimalis mungkin untuk menciptakan dekorasi rumah impianmu.

Pilih Furnitur yang Tepat untuk Hunianmu

Saat mendekorasi ruang kecil, coba lah untuk fokus pada furnitur yang akan kamu tempatkan di ruangan. Pilih furnitur yang memiliki material berkualitas. Dengan material yang berkualitas, tentu kamu bisa lebih menghemat budget karena furnitur di rumahmu awet sehingga bisa menemani aktivitasmu bersama keluarga dari tahun ke tahun. Selain tentang materialnya, kamu juga bisa memilih furnitur yang desain maupun warnanya sesuai dengan interior ruanganmu.

Merapikan Rumah

Mendekorasi ruang kecil tidak selalu dengan membeli barang-barang baru. Kamu bisa kok merapikan ruangan. Ruangan yang rapi akan menciptakan kesan nyaman. Untuk membuat ruangannya tambah cantik, kamu bisa mengatur ulang dekorasi ruangan. Kamu bisa menambahkan tanaman hias di sudut ruangan. Selain itu, kamu juga bisa memajang beberapa hiasan dinding—jika di rumahmu belum ada. Namun, apabila di rumahmu sudah terlalu banyak hiasan, maka kamu bisa memilahnya lagi. Hiasan yang terlalu banyak akan menciptakan kesan hunian yang sempit.

Baca juga: Estetik Banget, Dekorasi Rumah Gaya Italia Ini Bisa Kamu Contek!

Memilih Palet Warna untuk Ruangan

Kamu perlu menentukan palet warna untuk ruanganmu. Rekomendasi dari Minaj, kamu bisa memilih palet warna yang netral atau natural. Ruangan dengan warna netral bisa kamu padukan dengan beberapa warna lainnya. Kamu juga bisa berganti furnitur maupun aksesoris ruangan dengan mudah, karena palet warna dindingmu memiliki warna cerah netral. Warna netral dan natural akan memberikan kesan nyaman dan hangat untuk ruangan. Selain itu, nuansa hunian lega juga bisa kamu rasakan.

Menambahkan Karpet dan Hiasan Dinding Lainnya

Untuk ruanganmu, kamu juga bisa menambahkan karpet dan hiasan dinding. Pilih karpet yang memiliki motif tidak terlalu ramai. Sebab, motif yang terlalu ramai akan membuat hunianmu terasa lebih sempit. Kamu bisa memilih warna yang serasi dengan ruanganmu. Selain itu, sesuaikan ukuran karpetnya dengan ruanganmu, sehingga tidak terlalu panjang maupun pendek.

Nah, itulah tadi cara mendekorasi ruang kecil yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.