Dekorasi Rumah Minimalis Sederhana – Setiap kali membicarakan rumah, pasti tak jauh dari desain dan kenyamanannya. Rumah memiliki kisahnya sendiri, bagi kita yang menjalani hidup dengan sibuk, pasti membutuhkan hunian minimalis. Alasannya karena hunian minimalis bisa kita bersihkan dan rapikan di sela-sela kesibukan. Lain halnya dengan hunian yang ukurannya luas, pasti membutuhkan banyak tenaga yang mungkin akan membuat kita kesulitan.

Membicarakan tentang dekorasi rumah minimalis sederhana memang tak jauh-jauh dari konsep less is more. Konsep ini sendiri memang mengusung tema minimalis, di mana penghuni harus bisa memaksimalkan setiap sudut ruang di rumahnya. Bahkan barang-barang yang digunakan pun juga diharapkan memiliki manfaat lebih, seperti multifungsi. Gaya desain yang satu ini mulai berkembang pada tahun 1960-an dan kemudian sering dikaitkan dengan hal-hal sederhana, palet warna natural, dan kerapian.

Konsep minimalis meminta kita untuk membuang hal-hal yang berlebihan dan menciptakan kenyamanan dengan hal-hal sederhana. Sebenarnya ada banyak gaya yang bisa kita terapkan untuk hunian minimalis, mulai dari monokrom hingga elegan—tergantung dengan pendekatan kita terhadap desain interior yang akan dipilih. Nah, kali ini Minaj akan memberikan beberapa ide dekorasi rumah minimalis sederhana yang bisa kamu terapkan untuk hunianmu. Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Bersihkan Setiap Sudut Hunianmu

Lihatlah ruangan di rumahmu, apa yang kamu lihat? Apabila masih ada banyak barang menumpuk, maka kamu harus mulai membersihkannya. Mulai rapikan barang dari ruang ke ruang, baik bagian yang sering dijamah maupun jarang dijamah. Untuk bagian dapur, kamu mungkin harus membersihkannya dengan ekstra, karena biasanya ada banyak sampah bekas memasak. Selain itu, ketika kamu ingin membeli barang baru, maka mau tak mau kamu harus menyingkirkan beberapa barang lama yang ada di rumahmu.

Menciptakan Hunian dengan Warna Netral dan Natural

Ketika kamu ingin menciptakan dekorasi rumah minimalis sederhana, maka warna netral dan natural bisa menjadi pilihan. Kehadiran warna netral yang mendominasi, seperti putih, akan membuat hunianmu terasa lebih tenang, rapi, bersih, dan terlihat lega. Meski menerapkan konsep minimalis, bukan berarti terlihat membosankan. Faktanya, hunian minimalis dengan warna netral dan natural malah tampil menawan. Namun, bagi kamu yang suka dengan warna-warna lainnya juga bisa kok. Kamu bisa memilih warna biru tua atau hijau agar hunianmu sedikit berwarna dan tidak didominasi dengan warna netral saja.

Fokus Pada Kualitas Furnitur

Memiliki konsep minimalis bukan berarti kamu mengabaikan kualitas dan memilih barang dengan harga murah. Kamu harus bisa mengambil keputusan dengan tepat, maksudnya harus benar-benar mampu mempertimbangkan mana furnitur berkualitas untuk rumahmu. Dengan pertimbangan yang tepat, pastinya furnitur pilihanmu akan nyaman digunakan. Dan yang paling penting, furnitur pilihanmu tersebut awet. Selain fokus pada kualitasnya, kamu juga perlu membatasi keinginanmu untuk membeli barang dengan banyak. Karena akan membuat ruangan terlihat sempit dan juga tidak baik untuk kantongmu.

Terapkan Filosofi Hidup Minimalis ala Marie Kondo

Untuk mencegah terlalu banyak barang kamu bisa menyingkirkan yang sudah tidak digunakan lagi. Pilah barang yang tidak kamu gunakan, kemudian buang atau pindahkan ke gudang, tapi akan lebih baik jika kamu bisa mendaur ulang barang lama dan memanfaatkannya untuk hal lain. Misalnya kamu mendaur ulang ember kecil untuk menjadi media tanam. Selain itu, kamu jangan sampai membeli barang dengan fungsi yang sama dengan barangmu sebelumnya. Apabila barang lamamu masih bisa dipakai, maka jangan membeli yang baru. Sebaliknya jika barang lamamu tidak bisa dipakai lagi, maka kamu bisa membeli yang baru. Dengan menghindarkan dekorasi rumah minimalis sederhana dari tumpukan barang, akan membuat ruangmu nyaman dan tetap tampil chic.

Hunian dengan Teras Mungil

Siapa bilang dekorasi rumah minimalis sederhana tidak bisa memiliki teras? Kamu bisa kok membuat teras mungil di halaman depan rumahmu. Teras ini bisa kamu maksimalkan untuk tempat relaksasi atau bermain anak. Agar teras mungil lebih nyaman, kamu bisa menambahkan tanaman hias di sudut ruangnya. Dengan begitu, ketika pagi hari kamu dan keluarga bisa bersantai sembari menghirup udara segar.

Menerapkan Konsep Open Space

Gaya dekorasi rumah minimalis sederhana dengan konsep open space ternyata sangat lah cocok. Konsep open space akan membuat hunianmu terasa lebih luas. Tidak hanya itu, hunianmu juga bisa kamu tata lebih maksimal dan fungsional. Bagi kamu yang suka dengan konsep open space, kamu bisa menghubungkan ruang tamu dengan ruang dapur kecil atau mini bar. Agar rumah terasa lebih nyaman, pilih furnitur yang memiliki desain dengan standar ergonomis.

Menciptakan Taman Vertikal

Memiliki rumah dengan ukuran kecil bukan berarti kamu tidak memiliki lahan untuk menciptakan tempat yang asri. Untuk menciptakan tempat yang asri dan teduh, kamu bisa membuat taman vertikal. Taman vertikal ini bisa kamu buat dengan memanfaatkan salah satu dinding di rumah. Kehadiran taman vertikal ini akan membuat hunian minimalismu terasa lebih hidup.

Nah, itulah tadi tips dan ide dekorasi rumah minimalis sederhana yang bisa kamu terapkan untuk hunianmu. Bagi kamu yang ingin cari furniture murah dengan material berkualitas, langsung aja ke Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.