Ciri Desain Rustic – Kamu mungkin pernah mendengar konsep hunian yang bernuansa pedesaan atau dekat dengan alam. Nah, konsep tersebut dinamakan rustic. Sebenarnya dekorasi hunian dengan gaya rustic cukup sulit untuk dijabarkan. Pasalnya jika mengambil konsep pedesaan, seperti pertanian, mungkin akan sedikit susah untuk menerapkannya di dekorasi hunian. Meski begitu, ada beberapa elemen kunci yang bisa kamu pahami tentang gaya rustic ini.

Untuk memiliki hunian dengan ciri desain rustic, tentu kamu harus menekankan pada aksen alami dan organik. Biasanya hunian dengan gaya rustic akan menggunakan aksen kayu. Karena penekanan aksen tersebut membuat gaya rustic berkebalikan dengan desain modern maupun kontemporer. Interior hunian rustic biasanya menggunakan warna-warna alami dan netral, seperti krem, cokelat, abu-abu, dan putih. Berikut beberapa elemen dan ciri hunian dengan konsep rustic.

Material Kayu Asli dan Aksen Alam Lainnya

Ciri desain rustic yang pertama ialah menggunakan material dari kayu asli. Misalnya saja menggunakan lantai kayu. Lalu untuk furniturenya jugua dipilih yang menggunakan material kayu. Jika ingin memiliki kesan rustic yang dominan, kamu bisa memilih furniture dengan material kayu yang memiliki tekstur natural tanpa finishing.

Selain kayu, besi, logam, batuan, dan beberapa dekorasi alami bisa digunakan untuk hunian dengan ciri desain rustic. Kamu bisa mengaplikasikan beberapa material tersebut untuk lantai ruangan, sofa, meja, lemari, tempat makan, hingga tempat tidur. Kamu bisa memadupadankan material tersebut, jangan takut terbatasi.

Memilih Warna yang Natural dan Netral

Selain menggunakan material dengan aksen kayu, ciri desain rustic juga menggunakan warna-warna yang hangat. Ada beberapa warna yang bisa kamu pilih saat menerapkan konsep rustic ke hunian, mulai dari warna cokelat, abu-abu, hijau, putih, krem, dan masih banyak lagi. Yang pasti penerapan warnanya di hunian akan menciptakan kesan yang hangat. Tentunya selain warna natural dan netral, kamu juga bisa memadukan dengan warna lain yang cerah, misalnya warna oranye atau kuning.

Memanfaatkan Barang Bekas di Rumah

Mungkin kamu memiliki beberapa barang bekas. Nah, jangan buang barang bekas tersebut. Sebab, kamu bisa memanfaatkan barang tersebut untuk dekorasi atau aksesoris lainnya di rumah. Penggunaan barang bekas ini termasuk ke dalam ciri desain rustic. Kamu bisa menggunakan kotak kayu bekas sebagai meja tamu. Tentunya sebelum menggunakannya, kamu harus memolesnya terlebih dahulu.

Cat Dinding Dominan Putih

Selanjutnya untuk dinding rumah, biasanya hunian rustic memiliki dominan warna putih. Warna putih untuk dinding rumah akan membuat nuansa lebih cerah dan ceria. Dengan begitu konsep rustic ala pedesaan di hunianmu akan terasa lebih asri dan segar. Meski menggunakan warna dinding putih, jangan sampai lupa menerapkan aksen kayu di hunian agar lebih terasa kesan hangat dan nyaman.

Nah, itulah tadi ciri desain rustic yang bisa kamu terapkan untuk hunianmu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.