Cara Merawat Aglonema – Tanaman hias yang satu ini termasuk ke dalam suku talas-talasan atau Araceae. Tanaman yang kini populer ini memiliki habitat asli di bawah hutan hujan tropis. Aglonema akan tumbuh baik di daerah dengan intensitas pencahayaan rendah dan memiliki kelembaban yang tinggi. Karena habitatnya memang tidak membutuhkan pencahayaan yang tinggi, aglonema sangatlah cocok jika dirawat di rumah.

Sebagai tanaman hias, aglonema termasuk mahal. Bagaimana tidak beberapa jenis aglonema sempat terjual hingga belasan bahkan puluhan juta. Seperti tahun 2018 lalu, di mana tanaman hias yang satu ini berhasil menembus harga Rp10 juta. Mahalnya harga aglonema mungkin karena tanaman ini termasuk langka. Saking langkanya, beberapa orang pecinta tanaman akan rela mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Nah, kali ini Minaj akan memberikan informasi tentang cara merawat aglonema atau yang juga memiliki sebutan tanaman sri rejeki. Yuk, langsung simak caranya berikut ini.

Gunakan Media Tanam yang Subur

Cara merawat aglonema yang pertama ialah kamu harus menggunakan media tanam yang subur. Penggunaan media tanam ini akan membantu aglonema tumbuh dengan baik. Kamu bisa menambahkan pupuk di media tanamnya sehingga aglonema milikmu bisa cepat beranak dengan mudah.

Sumber: pinterest.com

Jangan Terlalu Banyak Memasukkan Media Tanam

Kemudian setelah kamu menyiapkan media tanam, cara merawat aglonema selanjutnya ialah jangan terlalu banyak memasukkan tanah atau pupuk ke dalam pot. Sebab, jika kamu terlalu banyak menggunakan media tanam, bahkan hingga memenuhi pot maka aglonema akan kesulitan untuk tumbuh. Sebab, sirukulasi udara di sekitarnya tertutup oleh banyaknya media tanam.

Rutin Semprotkan Vitamin ke Tanaman

Selanjutnya, cara merawat aglonema ialah dengan menyemprotkan vitamin B1 secara rutin. Vitamin B1 sendiri merupakan vitamin khusus tanaman yang dicampur dengan air. Untuk cara menyemprotkannya, kamu bisa memasukkan vitaminnya ke dalam botol semprot. Setelah itu, kamu bisa langsung menyemprotkannya. Nah, untuk penyemprotannya jangan terlalu banyak karena jika terlalu banyak air maka bisa menimbulkan jamur.

merawat tanaman hias jogja

Gemburkan Tanah dan Beri Pupuk Daun Secara Rutin

Selanjutnya agar tanaman aglonema milikmu bisa tumbuh subur, kamu perlu menggemburkan tanah. Setidaknya gemburkan tanah 2 hingga 4 minggu sekali. Dengan tanah yang gembur, maka tanaman hias aglonema bisa mendapat sirkulasi udara baik dan bisa tumbuh subur. Selain rutin menggemburkan tanah, kamu juga harus rutin memberikan pupuk untuk tanamanmu. Berikan pupuk daun secara rutin, setidaknya 2 hingga 3 hari sekali. Jangan mengacak pemberian pupuk, karena itu akan berdampak pada stresnya tanaman.

Nah, itulah tadi cara merawat aglonema dengan baik dan tepat sehingga bisa membuatnya tumbuh subur. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.