Tips Pencahayaan Rumah – Karena pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang memilih kebijakan merumahkan karyawannya. Maksud merumahkan di sini ialah mempekerjakan karyawan dari rumah. Bekerja dari rumah tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Apalagi ketika di rumah sering kali terjadi beberapa gangguan yang membuat fokus bekerja kurang baik, termasuk perihal pencahayaan.

Pencahayaan yang buruk di rumah tentu akan sangat berpengaruh terhadap produktivitasmu saat bekerja. Tak hanya itu saja, pencahayaan yang kurang bagus juga akan mengurangi energimu, mengganggu suasana hati, bahkan membuat mata dan kepalamu sakit. Apabila kamu tidak memiliki banyak cahaya alami, maka pencahayaan dengan lampu sangatlah penting untukmu.

Beberapa kantor mungkin merasa bahwa pencahayaan di sekitar, termasuk lampu di atas kepala atau lainnya, sudah cukup. Namun, hal ini berbeda dengan kantor yang ada di rumah. Ketika di rumah, pencahayaan ambien kurang dimanfaatkan secara maksimal, sehingga perlu tambahan pencahayaan lainnya. Gaya pencahayaan ambien atau umum memang sering digunakan oleh orang untuk menerangi keseluruhan ruangan. Nah, daripada kamu bingung, yuk langsung simak tips pencahayaan rumah berikut ini yang Minaj lansir dari The Spruce.

Hindari Kerja di Bawah Lampu

Tips pencahayaan rumah yang pertama ialah kamu harus menghindari bekerja secara langsung di bawah lampu. Daripada bekerja di bawah lampu, lebih baik kamu mencari cara bagaimana agar cahaya di sekitar menyebar dengan baik dan mampu menerangi ruangan kerjamu di rumah. Sebab, jika kamu bekerja langsung di bawah lampu, maka fokusmu akan terganggu karena silaunya cahaya.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menggunakan kap lampu. Kap lampu dapat membantu cahaya di sekitarmu menyebar dengan baik. Dan penerangannya pun menjadi lebih lembut. Sementara untuk tips pencahayaan rumah dengan lampu lantai atau standing lamp ialah cahayanya akan memantul ke dinding dan langit-langit ruangan. Pada intinya, buat pencahayaan yang menerangi seluruh ruangan tanpa silau.

Ciptakan Pencahayaan Tugas

Kemudian tips pencahayaan rumah ketika bekerja ialah menciptakan penerangan tugas. Maksudnya ialah penerangan hanya difokuskan pada pekerjaan tertentu saja. Misalnya saja kamu bekerja dengan komputer atau dokumen, maka bisa menempatkan lampu meja sehingga cahayanya terfokus pada apa yang kamu kerjakan. Sebenarnya, pencahayaan tugas ini juga bisa kamu terapkan di kantor. Untuk kantor sendiri, kamu bisa menciptakan pencahayaan tugas di ruangan fotokopi, meja kerja, dan lainnya.

Perhatikan Perihal Silau dan Bayangan

Kamu harus memperhatikan perihal silau dan bayangan. Ketika kamu bekerja membelakangi cahaya, biasanya komputer atau laptop yang kamu gunakan akan menjadi silau. Atau ketika tanganmu menutupi pencahayaan tugas, jelas itu akan menciptakan bayangan di pekerjaanmu. Oleh karena itu, tips pencahayaan rumah yang baik ialah hindari membuat silau dan bayangan ketika bekerja. Kamu bisa memperhatikan penataan ruangan, sehingga tidak ada lagi silau dan bayangan yang mengganggu.

Manfaatkan Pencahayaan Alami

Ketika bekerja di rumah, jangan pernah mengabaikan manfaat cahaya alami. Tips pencahayaan rumah secara alami ini mampu membuat ruanganmu terasa lebih hangat. Tidak hanya itu, beberapa bakteri maupun kuman yang ada di ruangan kerjamu pun bisa mati karena cahaya alami. Meski begitu, kamu juga perlu mempertimbangkan penataan ruangan ya. Jangan sampai kamu menciptakan silau dari pencahayaan alami.

Terapkan Pencahayaan Dekoratif

Kantor biasanya sudah menerapkan pencahayaan dekoratif ini. Nah, jika kamu ingin lebih produktif ketika bekerja di rumah, maka bisa mengikuti tips pencahayaan rumah dengan penerangan dekoratif. Untuk pencahayaan dekoratif, kamu bisa membuat pencahayaan tugas, pencahayaan di seluruh ruangan, dan pencahayaan aksen. Yang pasti, ketiga pencahayaan tersebut cocok untuk kamu terapkan di ruangan rumah.

Nah, itulah tadi tips pencahayaan rumah yang bisa kamu terapkan biar kerja menjadi lebih produktif. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.