Manfaat Merawat Tanaman Hias – Kamu suka dengan tanaman dan punya hobi berkebun? Nah, di masa pandemi ini hobi berkebun bisa membuat rasa bosan di rumah aja hilang lho. Oleh karena itu, tak heran apabila banyak orang menjadi suka menanam tanaman di masa pandemi ini. Kehadiran tanaman tak hanya membuat stres berkurang, tapi juga bisa berfungsi mempercantik rumah. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya, termasuk untuk kesehatan fisik dan mental.

Dilansir dari kompas.com, manfaat merawat tanaman hias ini sudah dirasakan sejak akhir abad ke-19. Karena pada saat itu, merawat tumbuhan memiliki dampak yang bagus dan positif kepada penderita penyakit gangguan mental. Buat kamu yang penasaran manfaat lainnya seperti apa, yuk simak uraiannya berikut ini.

Kualitas Udara di Sekitar Rumah Menjadi Baik

Banyak studi yang mengungkapkan jika manfaat merawat tanaman hias di rumah ialah dapat digunakan untuk membuat kualitas udara menjadi baik. Hunian yang sirkulasi udaranya baik, tentu sangat nyaman untuk kita tinggali. Selain baik untuk sirkulasi udara, kehadiran tanaman juga membuat mata menjadi lebih fresh karena melihat yang hijau-hijau. Bahkan NASA juga telah membuktikan bahwa tanaman bisa digunakan untuk menangkap banyak partikel polutan yang ada di udara.

merawat tanaman hias jogja

Konsentrasi Menjadi Lebih Bagus

Manfaat merawat tanaman hias selanjutnya ialah dapat membuat konsentrasi menjadi lebih bagus. Sebuah penelitian mengungkapkan jika kamu menghabiskan waktu di sekitar tanaman, maka memori akan meningkat hingga 20%. Kehadiran tanaman ini akan membuat suasana hunian menjadi lebih tenang karena tanpa sadar tanaman bisa meredam suara, sehingga konsentrasimu lebih bagus.

Mengurangi Stres

Sebelumnya sudah Minaj tuliskan, kalau manfaat merawat tanaman hias salah satunya ialah dapat mengurangi stres. Sebuah jurnal studi mengungkapkan jika manusia berinteraksi dengan tanaman, maka rasa stres secara psikologis dan fisiologis akan berkurang. Peneliti Jepang pun pernah mengungkapkan jika menatap sebuah tumbuhan saja bisa membuat detak jantungnya lambat. Tidak hanya itu, tingkat kecemasan di dalam pikiran pun akan berkurang.

merawat tanaman hias jogja

Produktivitas Menjadi Meningkat, Mood pun Tambah Bagus

Jika di hunianmu terdapat tanaman, maka kamu menjadi lebih bersemangat. Beberapa desainer juga mengungkapkan jika hunian tidak menggunakan aksesoris atau dekorasi, maka akan menurunkan motivasi. Bahkan juga bisa menurunkan produktivitas. Untuk itu, pentingnya tanaman menjadi salah satu dekorasi hunian. Selain itu, merawat tanaman hias lainnya ialah dapat menambah mood menjadi lebih bagus. Beberapa peneliti telah meyakini jika tinggal di hunian dengan tanaman hias, maka akan menjadi lebih bahagia.

Nah, itulah tadi manfaat merawat tanaman hias yang harus kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.