Ruangan Kedap Suara – Siapa sih yang nggak risih ketika mendengar suara berisik dari luar rumah? Apalagi di saat kamu sedang bekerja di rumah atau beristirahat. Tentunya suara bising tersebut sangatlah mengganggu. Namun, kamu tenang saja, karena ternyata ada cara mudah untuk mengatasi suara yang bising lho. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung simak caranya berikut ini yang Minaj lansir dari beberapa sumber.

Cari Tahu Terlebih Dahulu Asal Suara Bising

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membuat ruangan kedap suara adalah mengetahui asal suara bisingnya. Misalnya, suara bising yang mengganggumu itu berasal dari luar atau dalam rumah. Apabila dari luar rumah, kemungkinan suara bising tersebut masuk melalui celah jendela. Kemudian jika suara bising muncul dari dalam, bisa jadi suaranya tersebut masuk melalui celah pintu. Namun, bisa juga suara bising yang mengganggumu itu berasal dari langit-langit rumah.

Gunakan Tirai Suara untuk Mengatasi Suara Bising

Cara membuat ruangan kedap suara selanjutnya ialah kamu bisa menggunakan tirai suara. Jika tidak memiliki tirai suara, kamu juga bisa menggunakan selimut tebal dan ditempel di dinding. Meski begitu, selimut tebal tidak Minaj sarankan, karena akan membuatmu dan keluarga merasa terisolasi ketika berada di rumah.

Antibising dengan Rak Buku

Selanjutnya untuk membuat ruangan kedap suara, kamu bisa menggunakan rak buku. Selain bisa kamu gunakan untuk menyimpan buku dengan aman, ternyata rak buku juga bisa menutupi dinding sehingga menjadi penghalan kebisingan. Ada untungnya lho ketika kamu menggunakan cara ini, sebab tanpa sadar kamu juga membuat perpustakaan pribadi—pecinta literasi pasti akan menyukainya.

Gunakan Karpet Lantai yang Tebal

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk membuat ruangan kedap suara ialah menggunakan karpet lantai. Pilih karpet lantai yang tebal, sehingga bisa meredam kebisingan. Nah, penggunaan karpet lantai yang tebal ini cocok sekali untuk kamu yang ingin meredam kebisingan dari dalam rumah agar tidak sampai ke luar.

Pilih Cat Dinding yang Bisa Meredam Suara

Ada beberapa orang yang belum tahu kalau ternyata ada cat dinding yang bisa meredam suara. Cat dinding ini memiliki fungsi membuat ruangan kedap suara dari luar. Biasanya cat peredam suara ini memiliki bahan atau formulasi yang khusus. Formulasi khusus tersebut dapat digunakan untuk membuat tampilan dinding cantik dan bisa mengurangi kebisingan kurang lebih hingga 30%. Di Indonesia sendiri, cat yang digunakan untuk meredam suara memang belum terlalu banyak.

Memakai Panel Pengganjal Akustik

Untuk kamu yang ingin kenyamanan di dalam rumah dan terhindar dari kebisingan, maka bisa menggunakan panel pengganjal akustik. Panel ini cukup bagus untuk membuat ruangan kedap suara. Panel ini memiliki beberapa ukuran, pilihlah ukuran yang sesuai dengan ruanganmu. Beberapa jenis panel juga sudah memiliki lem perekat, sehingga akan memudahkanmu untuk melekatkannya ke dinding.

Memasang Jendela yang Kedap Suara

Kemudian kamu juga bisa membuat ruangan kedap suara dengan memasang jendela khusus. Saat ini ada banyak jendela rumah yang memiliki fungsi sebagai peredam suara, kamu bisa memilihnya. Dengan jendela yang bisa meredam suara, kamu menjadi lebih tenang saat bekerja di rumah. Oh ya, jangan lupa untuk memilih kaca yang memiliki daya tahan kuat, sehingga tidak mudah pecah dan rusak.

Menggunakan Bantalan Karet

Untuk meredam suara kamu juga bisa menggunakan bantalan karet. Bantalan karet ini nantinya bisa kamu pasang di bagian bawah pintu, sehingga celah bisa tertutup. Nah, apabila celahnya tidak terlalu lebar, kamu bisa memasang lembaran kayu di bagian bawahnya terlebih dahulu.

Nah, itulah tadi cara membuat ruangan kedap suara yang harus kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.