Hemat Energi di Rumah – Tahukah kamu tentang zero waste atau bebas sampah? Nah, buat yang belum tahu, zero waste ini merupakan kegiatan mengurangi sampah. Konsepnya mungkin hampir sama dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Menurut Bea Johnson, dilansir dari zerowaste.id, prinsip penerapannya tidak hanya mencakup 3R saja, melainkan 6R. Nah, 6R ini berkaitan dengan Rethink, Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, dan Rot. Atau dalam bahasa Indonesia artinya, menolak, mengurangi, menggunakan kembali, daur ulang, dan membusukkan.

Dengan konsep zero waste ini, rumahmu akan menjadi lebih bersih dan tentunya juga menghemat penggunaan energi. Untuk menerapkan hemat energi di rumah dengan prinsip ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yuk simak uraiannya berikut ini.

Mengurangi Penggunaan Barang Sekali Pakai

Dilansir dari kompas.com, salah satu cara untuk menerapkan hemat energi di rumah adalah dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai. Jadi, ketika ada barang di rumahmu yang masih bisa digunakan, jangan dibuang terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan daur ulang pada barang tersebut.

Mengurangi Penggunaan Alat Elektronik

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar bisa hemat energi di rumah adalah mengurangi penggunaan alat elektronik. Gunakan alat elektronik hanya bila kamu memerlukannya saja. Untuk lampu sendiri, usahakan selalu matikan lampu di pagi dan siang hari. Karena di pagi dan siang hari, kamu bisa menggunakan cahaya matahari sebagai pencahayaannya.

Mengurangi Penggunaan Sampah Rumah Tangga

Kemudian kamu bisa mengurangi penggunaan sampah rumah tangga jika ingin hemat energi di rumah. Sampah rumah tangga ini berupa makanan, atau jenis lainnya. Yang pasti, jika banyak makanan terbuang, maka saatnya kamu mengurangi porsi makanannya. Jangan sampai makananmu terbuang sia-sia.

kitchen set minimalis jogja

Mengurangi Penggunaan Limbah Kertas

Kehadiran sampah kertas telah membuat lingkungan tercemar. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi penggunaan limbah kertas. Jika di rumahmu banyak limbah dari kertas, maka kamu bisa mendaur ulangnya. Untuk menjaga lingkungan, kamu bisa menggunakan barang yang dapat digunakan berkali-kali.

Nah, itulah tadi tips menerapkan hemat energi di rumah dengan zero waste. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.