Pernah dengar kalimat rumah kotor sarang penyakit? Ternyata kalimat tersebut benar adanya lho. Tempat yang kotor biasanya dihuni oleh kuman, bakteri, dan virus yang mengancam kesehatan. Meski banyak yang menyadari tempat kotor berbahaya untuk kesehatan, tapi beberapa orang masih tak peduli akan kebersihan. Hal itu mungkin karena mereka menganggap rumah yang kotor sudah cukup bersih untuk ditinggali. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Kondisi rumah sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan penghuninya lho. Yuk, langsung simak penyakit yang biasanya bersarang di rumah kotor berikut ini.

Menyebabkan Sakit Perut dan Diare

Meninggali rumah kotor sarang penyakit bisa membuatmu sakit perut—bahkan sampai diare. Dapur merupakan salah satu spot yang terkadang kotor. Di dapur ada beberapa bakteri yang bisa menyerang imun tubuhmu, seperti bakteri E-coli, salmonella, hingga listeria. Bakteri-bakteri ini biasanya menempel di peralatan masak. Karena itu, apabila kamu secara tidak sengaja memakan makanan yang ada bakterinya, bisa menyebabkan perutmu sakit. Yang lebih parahnya lagi, kamu mungkin bisa mengalami diare dan muntaber.

staycation nyaman di rumah dekorasi ruang tamu

Mengganggu Saluran Pernapasan

Rumah kotor sarang penyakit biasanya dipenuhi oleh debu. Debu yang menumpuk di sudut ruangan atau beberapa barang di rumahmu bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Apabila kamu mengalami gangguan pernapasan, tentunya kamu dapat mengalami sesak napas hingga bersin-bersin. Agar kamu terhindar dari debu yang menumpuk, maka kamu harus secara rutin membersihkan rumahmu. Kalau bisa, setiap hari usahakan buka jendela, sehingga udara bisa keluar masuk dengan mudah dan tumpukan kuman atau virus yang ada di rumahmu pun juga dapat diminimalisir.

Mengalami Iritasi di Kulit

Debu yang menempel ternyata juga bisa menyebabkan iritasi di kulit. Iritasi kulit ini biasanya terjadi jika kasur, sofa, karpet, kursi, atau barang-barang lain di rumahmu kotor karena tumpukan debu. Agar kamu terhindar dari penyakit iritasi kulit, kamu harus selalu membersihkan barang-barang yang ada di rumahmu. Apabila kamu kesulitan untuk membersihkannya sendirian, kamu bisa melakukan kegiatan bersih-bersih bersama keluargamu. Agar rumah juga tampak fresh, kamu bisa menempatkan tanaman hias di sudut ruangan atau atas meja.

merawat tanaman hias jogja

Nah, itulah tadi rumah kotor sarang penyakit yang harus kamu bersihkan secara rutin. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.