Cara Hidup Minimalis – Beberapa di antara kamu mungkin masih bertanya-tanya, bagaimana sih menjalani lifestyle dengan konsep minimalis? Sebenarnya tak semua orang bisa menjalani lifestyle ini. Namun, beberapa orang merasa terpanggil untuk menjalani lifestyle minimalis. Hal ini karena mereka mungkin rindu memiliki hal yang lebih sedikit, melakukan hal yang lebih sedikit, bahkan menghabiskan hal lebih sedikit dari biasanya. Beberapa orang mungkin sedikit ekstrem ketika berubah dari lifestyle yang normal ke minimalis, seperti memilih tinggal di ruangan sederhana serba putih hanya dengan kasur serta beberapa buku catatan kecil saja. Namun beberapa orang masih salah dalam mengartikan lifestyle minimalis. Jadi, Minaj di sini akan memberikan beberapa informasi dan tips tentang lifestyle yang satu ini. Yuk, simak.

Apa yang Dimaksud dengan Minimalis?

Dalam KBBI sendiri, cara hidup minimalis memiliki arti penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik. Pada intinya lifestyle minimalis merupakan menjalani hidup yang tidak berlebihan alias sederhana saja. Hal ini untuk memaksimalkan kuantitas maupun kualitas hidup. Untuk menjalani hidup yang sederhana, tentu bukanlah hal mudah karena membutuhkan niat. Minimalis sendiri kerap disangkutpautkan pada praktik intensionalitas yang memiliki hubungan dengan harta benda dan bagaimana kamu menyikapi hidup dengan kehadiran benda tersebut. Pada intinya, orang yang menganut lifestyle ini hanya akan menggunakan benda yang dibutuhkan saja, sehingga tidak menumpuk benda terlalu banyak.

Bagaimana Menerapkan Lifestyle Minimalis?

Untuk menerapkan cara hidup minimalis ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, seperti:

  1. Kamu harus mencoba untuk mengurangi barang-barang yang telah menumpuk di rumahmu. Pilahlah barang yang benar-benar memiliki fungsi dan kamu butuhkan. Sementara barang yang tidak begitu dibutuhkan bisa kamu singkirkan atau donasikan.
  2. Jangan membeli barang yang memiliki fungsi sama atau mirip. Misalnya saja kamu membeli sepatu dengan model terbaru, padahal kamu sudah memiliki sepatu yang banyak. Dan fungsi sepatu lama maupun sepatu baru sama. Hal ini malah hanya akan membuatmu boros saja.
  3. Bebaskan dirimu dari utang jika ingin menjalani gaya hidup minimalis. Terbebas dari hutang akan membuat pikiranmu lebih nyaman. Kamu pun juga bisa menabung tanpa memikirkan untuk membayar utang.
  4. Minimalkan gangguan dan elemen yang tidak menyenangkan di dalam hidup. Langkah ini akan membuatmu merasa nyaman dalam menjalani hidup. Kamu pun menjadi pribadi yang lebih bahagia.
  5. Cobalah untuk menjadi individu yang produktif, di mana kamu harus meminimalkan anggaran belanja. Untuk menjalani cara hidup minimalis, jangan menganggarkan belanja untuk barang-barang yang kita sudah punya—apalagi jika barang tersebut masih berfungsi dengan baik.

Tokoh Penganut Lifestyle Minimalis

Ada beberapa tokoh sukses di dunia yang menganut gaya hidup minimalis. Siapa saja tokohnya? Pertama, ada Steve Jobs, sang pendiri Apple. Siapa kira Steve Jobs, orang kaya raya di dunia ternyata juga menjadi penganut lifestyle ini. Jika kamu amati, setiap kali Steve Jobs tampil di publik, ia selalu berpakaian sederhana, yakni hanya mengenakan kaos polos turtleneck berwarna hitam dengan celana jeans serta sepatu new balance saja. Kedua, ada Mark Zuckerberg, CEO Facebook. Orang terkaya nomor 7 di dunia ini—Mark—hanya menggunakan mobil sederhana untuk transportasinya, yakni Honda Jazz.

Mark pernah mengatakan jika hidup sederhana memiliki tujuan untuk ketenangan jiwa dan kenyamanan. Ketiga, bagi kamu pecinta furnitur IKEA pastinya pada kenal dengan Ingvar Kamprad kan? Ingvard Kamprad adalah pendiri IKEA. Ia seorang pemuda sederhana yang mulai merintis toko furnitur kecil hingga menjadi besar seperti sekarang ini. Meski sudah sukses, Ingvar masih menerapkan hidup sederhana.

Nah, itulah tadi cara hidup minimalis yang bisa kamu praktikkan sendiri dalam kehidupanmu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.