Manfaat Rumah Bersih – Menjaga segala sesuatu di rumah agar tetap bersih dan teratur sangatlah baik untuk kesehatan mental, dan studi psikologi sains pun telah membuktikannya. Studi yang langsung dipimpin oleh Nicole R Keith yang merupakan profesor dari Indiana University ini mengungkapkan bahwa orang yang memiliki rumah bersih akan memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada orang yang menjaga rumahnya tetap berantakan.

Mungkin beberapa orang akan merasa kesulitan ketika rumah berantakan, mereka akan stres, bahkan mungkin menjadi pribadi yang selalu dilingkupi dengan pikiran negatif. Namun berbeda dengan mereka yang tinggal di lingkungan bersih, mereka mungkin akan selalu memiliki pikiran yang positif—setidaknya itulah manfaat rumah bersih. Tak hanya itu, mereka yang tinggal di rumah bersih dan teratur mungkin akan memiliki waktu santai dan relaks yang maksimal. Hal ini karena rumah yang bersih dan teratur akan membantu menghilangkan stres dan juga rasa lelah setelah aktivitas seharian.

Dampak Negatif dari Rumah Berantakan

Manfaat rumah bersih salah satunya memang berpengaruh terhadap kesehatan mental yang baik. Sebuah studi pun sufah membuktikan bahwa kegiatan bersih-bersih memiliki dampak langsung terhadap kesehatan mental. Apabila rumah tetap dibiarkan berantakan, bisa jadi penghuni rumah—khususnya wanita—akan merasa lelah dan depresi. Hal ini tentu akan berbanding terbalik dengan wanita yang menghuni hunian bersih dan tenang, mereka akan merasakan kenyamanan.

Rumah Berantakan Menyebabkan Hal Negatif

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari universitas Princeton (dilansir dari verywellmind.com) mengungkapkan bahwa rumah yang berantakan akan menyebabkan penghuninya sulit fokus ketika sedang bekerja, bahkan mungkin mereka juga merasa bingung dan tegang ketika menghadapi suatu masalah. Rumah yang tidak tertata rapi dan berantakan mungkin juga akan berkaitan erat dengan emosi negatif, di mana penghuni rumah sering marah-marah, cemas, stres, dan banyak lagi emosi negatif yang akan penghuni rasakan. Hal ini tentu berbeda dengan manfaat rumah bersih di mana penghuni yang tinggal di dalamnya merasakan emosi positif yakni selalu merasa tenang dan nyaman ketika berada di rumah.

Membersihkan Rumah Memiliki Keuntungan

Sebelumnya Minaj sudah membahas sedikit tentang manfaat hunian yang tertata dengan rapi. Salah satu manfaatnya ialah kesehatan fisik dan mental menjadi lebih baik dan positif. Rasa stres pun akan berkurang dan menghilang jika tinggal di rumah yang rapi dan bersih. Selain itu, penghuni rumah pun menjadi lebih memiliki pikiran yang positif.

Nah, itulah tadi manfaat rumah bersih untuk kesehatan mental. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.