Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Setiap ibu rumah tangga pasti memiliki cara tersendiri untuk mengatur uang belanjanya, baik anggaran sedikit atau banyak. Meski begitu, ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk mengatur uang belanjanya. Nah, buat kamu yang masih bingung cara mengaturnya, Minaj kali ini punya tips ampuh untuk Bunda. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Photo by Alexander Grey on Unsplash

Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang pertama ialah kamu harus mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Dengan mengutamakan kebutuhan, maka kamu bisa lebih menghemat pengeluaran. Pasalnya jika kamu hanya mementingkan keinginan tanpa memperhatikan kebutuhannya, maka pengeluaran untuk rumah tangga menjadi membengkak.

Membuat Daftar Pengeluaran Bulanan

Selanjutnya tips mengatur keuangan rumah tangga ialah dengan membuat daftar kebutuhan yang diperlukan selama sebulan. Misalnya saja kamu membuat daftar belanja bahan makanan sebulan, peralatan dapur yang harus diganti, biaya tagihan listrik maupun air, dan beberapa keperluan penting lainnya. Dengan membuat daftar pengeluarannya, maka kamu bisa lebih mengontrol uang belanjaan.

Menghitung Pendapatan Setiap Bulan

Melakukan penghitungan pendapatan setiap bulan juga merupakan tips mengatur keuangan rumah tangga yang tepat. Dengan menghitung pendapatan terlebih dahulu, maka kamu bisa lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran. Alokasikan uang belanjaan ke kebutuhan utama, dengan begitu kamu menjadi lebih hemat.

Menyiapkan Dana Darurat

Penting sekali untukmu selalu menyiapkan dana darurat. Hal ini karena tak semua rencanamu bisa berjalan dengan mulus, maka dari itu dana darurat adalah hal yang sangat krusial dan penting untuk kamu siapkan. Setidaknya alokasikan 20% penghasilanmu untuk dana darurat.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengatur pengeluaran rumah tangga yang harus Bunda tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.