Gaya Rumah Minimalis Korea – Bagi para pecinta drakor mungkin sudah tak asing dengan desain rumah Korea yang simpel dan memiliki kesan minimalis. Desain rumah minimalis sendiri memang mulai berkembang dan banyak diterapkan di banyak negara—termasuk Korea. Di Korea sendiri biasanya menggabungkan unsur tradisional dengan desain minimalis. Hal inilah yang membuat tampilan rumah ala Korea memiliki ciri khasnya sendiri dan beda dengan rumah dari negara lain.

Jika kamu amati di drama-drama Korea, pasti kamu akan menemukan beberapa gaya rumah minimalis Korea. Beberapa gaya itu sering kita jumpai di drama saeguk hingga romance. Penasaran, seperti apa sih gaya hunian ala Korea? Yuk, simak inspirasinya berikut ini.

Rumah ala Basemen, Banjiha

Buat yang sudah pernah nonton film Korea berjudul Parasite, mungkin sudah tak asing lagi dengan gaya rumah minimalis Korea Banjiha. Rumah ini memiliki desain ala basemen di mana penghuninya seperti tinggal di bawah bangunan orang lain. Dilansir dari idntimes.com, Banjiha sendiri merupakan rumah yang mulai tren sejak terjadinya konflik antara Korea Utara dan Selatan. Karena adanya konflik itu, maka pemerintah Korea Selatan meminta masyarakatnya untuk membangun rumah Banjiha alias rumah ala basemen. Banjiha biasanya memiliki pencahayaan yang minim karena ventilasi/jendela hanya ada di permukaan tanah yang rendah.

rumah basemen

Sumber: Parasite Film

Kos-kosan Sempit, Goshiwon

Tak hanya di Indonesia saja yang punya kos-kosan, karena di Korea ternyata juga ada gaya rumah minimalis Korea yang menyerupai kos-kosan. Namun, kos-kosan di Korea memiliki ukuran yang sempit dan mungkin hanya muat untuk tempat tidur dan meja/lemari saja. Jika kamu pernah nonton drama Dringking Solo pastinya sudah tak asing dengan kos-kosan sempit ini. Yup, teman dari adik pemain utama yang bernama Dong Young memilih untuk tinggal di goshowon, alasannya karena harga yang lebih murah. Tak hanya itu, biasanya goshowon digunakan oleh beberapa masyarakat yang ingin mengikuti ujian pegawai negeri di Korea.

rumah kos-kosan korea

Sumber: Hipwee

Rumah Atap ala K-Drama

Ada yang pernah nonton drama Because This is My First Life? Ada pasangan dari drama tersebut yakni Kim Ho Rang dan Sim Won Seok yang memilih tinggal di rumah atap. Meski tinggal di rumah atap tapi gaya rumah minimalis Korea tetap bisa terlihat cantik. Bahkan rumah atap ini juga bisa memiliki kesan romantis karena kamu bisa menghiasnya dengan lampu-lampu yang cantik. Sangat menyenangkan rasanya memiliki rumah atap, sebab kamu bisa melihat langit yang indah di malam hari. Meski begitu, saat siang hari udara panas akan mudah masuk ke dalam rumah atap sehingga penghuni merasa gerah. Tak hanya itu, kekurangan dari rumah atap ialah kabel listrik yang melintang pendek bisa menyebabkan kecelakaan yang tak terduga.

rumah atap korea

Sumber: Because This is My First Live

Rumah Tradisional Hanok

Jika di Indonesia ada banyak sekali rumah tradisional, maka di Korea juga ada—meski tak sebanyak Indonesia. Namanya rumah tradisional hanok. Rumah ini biasanya dibangun dengan bahan alami yang memanfaatkan kayu sebagai tiangnya. Oh ya, hanok ini memiliki gaya rumah minimalis Korea yang sangat estetik dan kental dengan budaya Korea. Secara umum, rumah gaya hanok ini akan menghadap ke timur atau selatan untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus. Oh ya, rumah hanok ini sering muncul di drama-drama saeguk Korea. Bahkan belum lama ini jika kamu nonton reality show Star’s Top Recipe at Fun-Staurant kamu akan menemukan salah satu bintang tamu yang keluarganya memiliki rumah hanok.

rumah hanok

Sumber: KBS/Star’s Top Recipe at Fun-Staurant

Apartemen Modern Minimalis

Model rumah apartemen ini sudah tak asing bagi pecinta drama. Sebab sebagian besar drama memang mengambil latar tempat di apartemen. Tentunya apartemen yang menjadi latar drama Korea memiliki desain modern minimalis. Hal ini karena di Korea sendiri memiliki keterbatasan lahan, sehingga apartemen banyak bermunculan. Tak hanya itu, membeli sebuah rumah di tanah yang lapang juga sangatlah mahal di Korea, sehingga langkah paling tepat yang diambil oleh masyarakat Korea ialah membeli apartemen.

apartemen modern minimalis

Sumber: My Love from The Star

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi gaya rumah minimalis Korea yang bisa kamu jadikan referensi. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bias langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.