Memasak Menu Buka Puasa – Bagi beberapa orang, kegiatan memasak kadang menjadi hal yang berat. Apalagi ketika masih belum tahu ingin memasak makanan apa. Maka dari itu, sebelum mulai memasak hendaknya membuat rencananya terlebih dahulu. Dilansir dari cnnindonesia.com, menyiapkan rencana masak atau meal-prep terlebih dahulu akan lebih menghemat waktu lho.

Tak dipungkiri, terkadang di bulan Ramadan kita menjadi malas untuk memasak, tapi di masa pandemi ini ada baiknya bila kita memasak sendiri. Karena dengan memasak menu buka puasa sendiri, kita bisa tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga. Nah, agar masaknya tidak bingung, kita bisa menyiapkan terlebih dahulu bahan makanan yang akan dimasak. Tidak hanya itu, bila perlu kita juga harus menyiapkan beberapa resep makanan yang akan dimasak.

Menyiapkan beberapa hal terkait memasak itulah yang dinamakan meal-prep. Penasaran bagaimana cara membuat meal-prep yang benar? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Tulis Daftar Makanan dan Nutrisinya

Sebelum memasak menu buka puasa, ada baiknya kita harus menulis daftar makanan dan nutrinya terlebih dahulu. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengetahui mana makanan yang sehat maupun tidak. Selain itu, dengan daftar tersebut kita bisa membuat masakan dengan menu 4 sehat 5 sempurna. Walau begitu, jangan membuat daftar makanan yang selalu sama setiap hari, karena itu akan membuatmu bosan.

Buat Beberapa Menu untuk Sehari

Sebaiknya kita menyiapkan setidaknya 3 menu buka puasa, karena nanti kita butuh makanan untuk takjil, hidangan pembuka, dan menu makanan utama. Memasak menu buka puasa ketika ramadan memang tak boleh melupakan takjil dan hidangan pembuka. Nah, takjil ini biasanya menu makanan ringan. Sementara untuk hidangan pembuka, kamu bisa menyiapkan makanan dengan porsi sedikit. Baru setelah itu kamu bisa memilih menu untuk makanan utama. Namun, apabila kamu merasa sedang malas untuk memasak, bisa juga membeli takjil yang terpenting kamu harus memperhatikan nutrisinya.

Minta Saran atau Rekomendasi Menu dari Keluarga

Ketika di rumah, kamu perlu meminta saran kepada keluarga ketika ingin memasak menu buka puasa. Dengan meminta saran atau rekomendasi menu terlebih dahulu, makanan yang kamu masak pasti akan disantap habis oleh keluargamu—sehingga kamu tidak membuang makanan. Oh ya, dengan menanyakan saran terlebih dahulu, kamu juga akan terbantu lho ketika kehabisan ide.

Buat Daftar untuk Satu Minggu

Menyiapkan daftar menunya bisa kamu lakukan untuk seminggu lho. Hal ini akan memudahkanmu untuk belanja bahan masak. Nah, apabila kamu ingin ganti menu juga bisa kok, tinggal kamu diskusikan saja dengan keluargamu. Yang terpenting selama seminggu itu, jangan sampai kamu memasak menu yang sama.

Nah, itulah tadi tips mudah memasak menu buka puasa. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.