Kriteria rumah layak huni menurut UU PKP pasal 24 a ialah yang memenuhi syarat keselamatan bangunan, kecukupan minimum luas bangunan, dan kesehatan penghuninya. Untuk menciptakan tempat tinggal yang layak, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti kebutuhan minimal masa (penampilan) dan ruang (luar dan dalam); kebutuhan kesehatan dan kenyamanannya; serta kebutuhan keamanan dan keselamatan penghuninya.

Sebenarnya rumah bukan hanya menjadi tempat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, tapi rumah juga menjadi tempat di mana kamu dan keluarga menjalin ikatan keharmonisan. Kriteria rumah layak huni sendiri memang sudah diatur dalam undang-undang—termasuk tentang kenyamanan, keamanan, dan kesehatan. Tak hanya itu, rumah yang pantas dihuni juga harus memperhatikan perihal kebahagiaan. Yup, rumah harusnya penuh kebahagiaan dengan momen atau kenangan tak terlupakan. Jadi, bagaimana seharusnya rumah yang pantas untuk kamu tinggali bersama keluarga? Yuk, simak uraiannya berikut ini.

Rumah dengan Lingkungan Baik

Kriteria rumah layak huni ialah yang memiliki lingkungan baik. Lingkungan ini tidak hanya perihal bagusnya siklus udara dan banyaknya tanaman saja, tapi juga menyangkut tentang keharmonisan setiap orang yang tinggal di rumah maupun sekitarnya. Keharmonisan ini penting sekali dijaga, coba bayangkan jika tidak ada keharmonisan, pastinya kamu akan tidak nyaman untuk tinggal bersama keluarga maupun tetangga—bisa jadi akan menimbulkan konflik berkepanjangan. Maka dari itu, salah satu kriteria rumah ialah memiliki lingkungan yang baik dan ramah.

sofa minimalis modern untuk nonton film romantis

Memiliki Halaman yang Memadai

Selanjutnya kriteria rumah layak huni ialah memiliki halaman yang memadai. Halaman rumah tersebut bisa kamu tanami tumbuhan sehingga nanti akan memberikan kenyamanan tinggal karena rumah menjadi lebih asri dan segar. Selain itu, dengan adanya halaman yang memadai siklus udara juga akan menjadi lebih baik.

Rumah Ramah untuk Orang Tua dan Anak-Anak

Terkadang ada rumah yang tidak ramah dengan orang tua atau lansia, maka kriteria rumah layak huni berikutnya ialah yang ramah untuk orang tua maupun anak-anak. Dengan begitu, orang tua dan anak bisa tinggal berdampingan dengan harmonis tanpa merasa didiskriminasi.

jual sofa jogja

Memiliki Ventilasi Udara Memadai

Memiliki ventilasi udara yang memadai ini penting sekali lho. Apalagi ventilasi ini menjadi salah satu sarana di mana udara bagus akan berganti dengan udara yang buruk. Setidaknya dengan adanya ventilasi yang memadai, maka siklus udara pun menjadi lebih baik dan kamu bisa tinggal dengan nyaman. Oh ya, dengan ventilasi udara cahaya matahari juga bisa masuk ke rumah—meski tak secara langsung—dengan begitu bakteri maupun kuman yang menempel di beberapa perkakas rumah akan mati.

Nah, itulah tadi sekilas tentang kriteria rumah layak huni yang perlu kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!