Apakah kamu pernah mendengar tentang desain arsitektur art deco? Jika belum pernah, kira-kira apa sih desain tersebut? Apakah memang ada kaitannya dengan seni? Oke, sekarang Minaj bahas tentang gaya desain yang satu ini. Art deco sendiri merupakan gaya arsitektur yang lahir setelah Perang Dunia I dan mulai meredup sebelum berakhirnya Perang Dunia II. Pada tahun 1920-1930-an, gaya arsitektur ini sebenarnya sudah banyak digunakan dalam berbagai macam hal, seperti desain interior, eksterior, furniture, lukisan, seni grafis, film, hingga aksesoris hiasan.

desain arsitektur art deco rumah

Sumber: pinterest.com

Desain arsitektur art deco sendiri merupakan gabungan dari beberapa gaya seni yang populer pada abad 20 silam. Sebagai salah satu gaya arsitektur, banyak orang yang mempercayai bahwa art deco bisa memengaruhi berbagai macam aliran modern—termasuk modernisme, futurisme, kubisme, bauhaus, art nouveau, serta konstruktivisme. Di tahun 20-an sendiri memang art deco dan bauhaus menjadi salah satu patokan desain arsitektur rumah. Meski begitu, keduanya—art deco dan bauhaus—memiliki karakteristik yang berbeda. Gaya art deco sendiri memiliki sifat dekoratif yang sangat kental, bahkan di masa kejayaannya gaya ini mampu memberikan nuansa yang mewah, elegan, dan fungsional.

Tentang Sejarah Art Deco

Desain arsitektur art deco memiliki garis yang tegas. Garis tegasnya tersebut menunjukkan cerminan maskulinitas. Cerminan tersebut mungkin karena pada saat itu, art deco dipengaruhi oleh revolusi industri di Inggris. Yup, di masa revolusi Inggris tersebut ada banyak penemuan mesin yang memudahkan pekerjaan manusia, termasuk menciptakan garis-garis yang lurus. Sejak saat itu, gaya art deco selalu menggunakan garis yang tegas. Hal ini pun terlihat dalam karya desain Jacques-Emile Ruhlmann yang merupakan desainer terbaik gaya ini. Meski sampai saat ini masih ada beberapa arsitek yang menggunakan gaya art deco, tapi sebenarnya gaya ini sudah pudar atau runtuh sebelum PD II berakhir.

Karakteristik Desain Art Deco

Seperti yang sudah Minaj singgung di paragraf atas bahwa art deco memiliki karakteristik sendiri dan berbeda dengan desain lainnya—termasuk bauhaus. Penasaran seperti apa karakteristiknya? Yuk, langsung simak poin karakternya berikut ini.

  • Terdapat Ziggurat

Mungkin ada yang belum paham sepenuhnya tentang zigurat. Zigurat ini merupakan struktur bertingkat pada sebuah bangunan yang terlihat seperti tangga. Karakteristik ini memang sering kali kita lihat di desain arsitektur art deco. Hal ini karena pada masa itu, art deco dipengaruhi oleh gaya arsitektur purba yang berasal dari Mesir dan Babilonia.

desain arsitektur art deco bagian dalam

Sumber: pinterest.com

  • Memiliki Bentuk Melengkung

Karakteristik desain arsitektur art deco selanjutnya ialah memiliki bangunan dengan sisi melengkung. Meski begitu tidak semua bagian rumah dipenuhi dengan sisi melengkung, biasanya hanya satu atau dua bagian saja yang menunjukkan bentuk melengkung.

  • Memiliki Atap yang Datar

Jika biasanya atap berbentuk seperti kerucut, kali ini desain arsitektur art deco menunjukkan bangunan dengan atap datar. Art deco sendiri memang dikenal sebagai gaya arsitektur yang sering menggunakan kubisme dalam bangunannya.

  • Memiliki Unsur Abstrak

Karakteristik gaya ini yang paling terlihat ialah memiliki paduan detail yang terkadang terlihat begitu kontras. Meski begitu, gaya art deco sendiri tetap terlihat serasi. Dengan adanya perpaduan yang abstrak antara bentuk, tekstur, maupun ornamen ini maka tampilan gaya art deco akan menjadi lebih menarik.

Nah, itulah tadi sekilas tentang desain arsitektur art deco dan beberapa karakteristiknya yang perlu kamu tahu. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!