Apakah kamu mengetahui tentang sekolah seni Bauhaus? Jika belum, maka kamu harus menyimak artikel ini, karena Minaj akan membahas tentang Bauhaus dan sejarahnya. Bauhaus sendiri mulai berdiri pada tahun 1919 di Weimar, Jerman. Sekolah ini didirikan oleh seorang arsitek ternama yang bernama Walter Gropius. Sebenarnya Bauhaus sendiri awalnya merupakan sebuah komunitas ahli yang memiliki keterampilan dalam menggabungkan beberapa seni kerajinan, arsitektur, interior, hingga lukis. Kurikulum sekolah ini diciptakan sendiri oleh Bauhaus yang menggabungkan elemen pendidikan seni rupa dengan desain.

sekolah seni bauhaus

Sumber: BBC.com

Banyak para desainer rumah terkenal yang merupakan alumni dari sekolah seni Bauhaus ini. Tak hanya murid laki-laki yang bersekolah di sini, tapi beberapa murid perempuan pun juga bisa bersekolah di Bauhaus. Sekolah desain Jerman ini mulai terkenal, bahkan sampai membuka jurusan arsitektur di tahun 1927. Mulai dari situ, Bauhaus mulai menggunakan desain modernisme dan menolak akan tradisi desain artistik. Para desainer di Bauhaus memiliki komitmen dengan masa depan yang demokratis secara sosial yang didukung dengan desain menarik dan fungsional. Sejak saat itu, Bauhaus kerap dianggap sebagai sekolah yang berpikiran maju. Sayangnya di tahun 1933, Bauhaus harus ditutup secara paksa karena rezim Nazi.

Ada banyak desainer dari Bauhaus yang terkenal dan memiliki karya unik, penasaran siapa saja tokohnya? Yuk, langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Ludwig Mies van der Rohe

Adakah yang belum mengenal Ludwig Mies van der Rohe? Ludwig Mies van der Rohe sendiri merupakan salah satu arsitek modernis yang terkenal di tahun 20-an. Arsitek keturunan Jerman-Amerika ini sering dipanggil dengan nama sapaan Mies. Setelah PD I, Mies, menunjukkan kemampuannya menggebrak arsitektur bergaya klasik dan gothik. Arsitektur yang dibuat oleh Mies tersebut memang sangat populer di masanya.

Karakter arsitektur yang Mies buat sendiri memang lebih memanfaatkan pada material modern, seperti baja industri maupun kaca pelat. Dengan material tersebut, Mies berusaha untuk menciptakan arsitektur yang menggunakan sedikit kerangka dan menyeimbangkannya dengan kebebasan ruangan terbuka. Ada satu furniture kursi ciptaannya yang terkenal dan memiliki desain unik. Kursi tersebut diberi nama Brno Chair (1929-1930). Mies menciptakan kursi ini dengan prinsip dari sekolah seni Bauhaus yang mengurangi objek ke elemen dasarnya.

sekolah seni bauhaus

Sumber: pinterest.com

Marcel Breuer

Selain Mies, ada pula Marcel Breuer yang juga pernah mendapatkan pengajaran di sekolah seni Bauhaus. Marcel merupakan salah satu desainer furniture yang terkenal, ia telah menciptakan berbagai karya furniture yang sampai saat ini masih banyak orang mengaguminya karena desainnya yang unik dan modern. Yup, Marcel sendiri memang termasuk desain pencetus furniture modern. Namanya mulai terkenal sejak ia bekerja di Bauhaus Furniture Workshop sekitar tahun 1920-1924. Karya pertama dari Marcel ialah tubular steel chair yang di kemudian hari namanya berubah menjadi wassily chair. Karna karyanya tersebut, tempatnya kerja di Bauhaus mendapatkan untung yang banyak karena menggunakan material yang lebih irit dan higienis. Untuk tahun 1928, Marcel mulai meninggalkan Bauhaus dan mulai menapaki karier arsitekturnya sendiri dengan membuka kantor arsitektur sendiri.

sekolah seni bauhaus

Sumber: pinterest.com

Anni Albers

Tak hanya para lelaki Bauhaus saja yang menjadi desainer terkenal, sebab ada sosok perempuan seperti Anni Albers juga yang menjadi desainer ternama asal sekolah seni Bauhaus. Sejak kecil, Anni sudah menyukai hal-hal yang berbau seni, maka dari itu mulai usianya yang ke 24 tahun, Anni memutuskan untuk bergabung dengan Bauhaus. Awalnya Anni ingin mengikuti kelas pembuatan kaca, tapi niatnya tersebut menjadi urung ketika ia bertemu dengan pemuda tampan bernama Josef Albers. Sejak pertemuan itu, Anni dan Josef pun akhirnya menikah dan mereka hidup bersama menciptakan berbagai macam karya, termasuk meja dengan aksen modern yang unik.

sekolah seni bauhaus

Sumber: pinterest.com

Nah, itulah tadi sekilas tentang sekolah seni Bauhaus dan beberapa desainer terkenalnya. Apabila kamu tertarik ingin mendapatkan furniture dari Ajeg, kamu bisa langsung membelinya di Ajeg. Kamu bisa beli furniture dengan langsung berkunjung ke laman website Ajeg atau ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

 

Penulis: Desy R.