Tanpa disadari, keberadaan halaman depan rumah merupakan salah satu bagian yang tak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, nantinya semua tamu akan tertuju pada muka rumah Anda untuk pertama kalinya. Mengingat halaman depan rumah sendiri memang mampu menciptakan kesan pertama bagi para tamu yang akan datang maupun orang yang lewat.

Jika Anda ingin memberikan sentuhan karakter yang lebih kuat, jangan ragu untuk menggunakan konsep desain rumah tropis mediterania. Dengan menggunakan desain ini, tentunya hunian Anda tidak hanya terlihat lebih estetik saja. Akan tetapi juga mampu meningkatkan kenyamanan serta kehangatan bagi para penghuni rumah. Berikut serangkaian tips menciptakan halaman depan rumah tropis mediterania yang bisa Anda coba.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Buat Desain Teras Rumah Jadi Lebih Indah dengan Cafe Mini

Buat 2 Pintu Masuk Entrance

desain pintu rumah tropis mediterania - dua pintu entrance samping dan utama

Daa

Di sini, Anda bisa menggunakan main dan side entrance. Fungsi main entrance tak lain agar nantinya para tamu bisa langsung menuju ke area utama rumah yakni ruang tamu. Sedangkan side entrance sendiri berguna untuk jalur akses keluar masuk menuju area privasi. Atau, Anda juga bisa mengalihkan fungsi pintu samping ini menuju ke area servis, taman, garasi, maupun dapur.

Sebagai saran tambahan, Anda juga bisa menambahkan kanopi maupun pergola untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari pada halaman depan rumah tropis mediterania ini. Dengan demikian, nantinya area pintu ini mampu menambah nilai estetika pada tampilan eksterior rumah Anda.

Baca Juga : 6 Pilihan Lemari Pakaian Kayu Minimalis Desain Modis

Tambahkan Tanaman Rambat Dinding

desain pintu rumah tropis mediterania - tanaman rambat di dinding

Josephine Chang

Coba pilih tanaman rambat yang cepat tumbuh dan tahan panas, seperti bougenville, alamanda, atau tanaman sirih gading. Setelah itu, biarkan tanaman rambat tersebut menjalar pada dinding atau pergola untuk menciptakan efek dramatis dan memberikan kesan sejuk. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman di sudut hunian ini untuk menambah kesegarannya.

Gunakan Desain Pintu yang Otentik

desain pintu rumah tropis mediterania - pintu otentik

Olena

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan desain pintu yang mempunyai desain ornament yang unik sehingga mampu menciptakan kesan yang mendalam pada halaman depan rumah tropis mediterania. Atau, Anda juga bisa menggunakan warna pintu rumah yang tenang dengan memperhatikan detail pada bagian gagang, engsel, maupun lubang kuncinya.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Warna Kamar Tidur yang Bikin Tenang

Pilih Model Pintu yang Bentuknya Lengkung

desain pintu rumah tropis mediterania - pintu berbentuk lengkung

Sam Ogilvie, Jr.

Pada dasarnya, tak ada yang salah jika Anda ingin menggunakan model pintu berbentuk persegi panjang. Akan tetapi, biasanya desain pintu rumah tropis mediterania kerap menggunakan model melengkung yang simple untuk menciptakan visual yang lebih menarik.

Biarkan Dinding Terekspos

desain pintu rumah tropis mediterania - dinding terekspos

Kristalyn Jenkins

Sesuai dengan konsepnya, desain dinding pada halaman depan rumah tropis mediterania ini memang sengaja dibuat terekspos agar membuatnya terasa lebih alami. Beberapa material yang bisa Anda pilih untuk menciptakan tembok yang terekspos yakni dengan memanfaatkan semen, beton, batu bata, maupun batako.

Baca Juga : Tips Bikin Ruang Tamu Gaya Industrial di Hunian 3 Meter

Hadirkan Lantai Carport yang Terlihat Natural

desain pintu rumah tropis mediterania - carport batu alam

Terra Glam

Pemilihan lantai carport yang tepat seperti halnya paving block maupun batu alam menjadi opsi yang tepat untuk membuat hunian terkesan harmonis. Apalagi kedua bahan material ini memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap cuaca yang ekstrem hingga perawatannya yang tidak rumit.

Ciptakan Area Nongkrong di Gazebo

desain pintu rumah tropis mediterania - gazebo

Homes to Love AU

Di halaman depan rumah Anda, coba buat area nongkrong yang santai untuk berkumpul bersama keluarga. Di mana nantinya Anda bisa memanfaatkan Sofa Set seperti ini yang nyaman untuk bercengkrama bersama orang tersayang.

Baca Juga : Cara Buat Home Theater Sendiri di Hunian Lebar 6 Meter

Rekomendasi Sofa Jogja Murah Untuk Halaman Depan Rumah Tropis Mediterania

Membuat halaman depan rumah tropis mediterania yang cantik seperti yang ada di atas tadi sebenarnya tidak begitu sulit asalkan Anda sudah mengerti konsep dasarnya. Terlepas dari itu semua, Anda juga harus memilih furniture sofa yang tepat supaya nantinya dapat bertahan lama karena akan diletakkan secara outdoor.

Apabila Anda masih kebingungan memilih toko sofa Jogja murah, maka pilih Ajeg Furniture sebagai solusinya. Tinggal kunjungi toko mebel Jogja murah ini di Jl. Raya Solo KM.10, Sorogenen I, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282. Selain itu, serbu promo terbarunya dengan memantau akun Instagram resminya yang berada di @ajeg.co.id.. Tapi kalau Anda ingin mendapatkan produk lainnya dari toko furniture Jogja ini, maka kunjungi https://ajeg.co.id/.

 

Penulis : Hilda R.