Untuk membuat kesan eco-friendly pada ruangan, biasanya banyak orang menempatkan tanaman hias di ruang tamu. Tanaman hias di ruang tamu memang mampu membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Ada banyak tanaman hias yang bisa ditempatkan di ruang tamu, salah satunya adalah tanaman hias janda bolong. Janda bolong, monstera adansonii, akhir-akhir ini menjadi tren di kalangan masyarakat. Tak jarang mereka berani merogoh kocek dalam untuk mendapatkan tanaman hias yang satu ini.

Tanaman hias viral ini berasal dari bagian selatan hutan tropis Meksiko. Memiliki nama ilmiah monstera karena tanaman yang satu ini daunnya cukup besar, bahkan mungkin ukuran daunnya sebesar telapak tangan orang dewasa. Tanaman janda bolong ini merupakan salah satu tanaman rambat, sebab akarnya ada di bagian batangnya. Nah, akar inilah yang membuat janda bolong bisa menempel. Tanaman hias yang satu ini juga bisa menyerap air untuk pertumbuhannya sendiri.

pinterest.com

Sebenarnya untuk merawat tanaman hias janda bolong tidak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya. Tapi bagi kamu yang masih pemula untuk merawat janda bolong, Minaj punya tipsnya. Yuk, simak tips merawat janda bolong berikut ini.

Perhatikan Suhu

Saat merawat tanaman hias yang satu ini, kamu harus memperhatikan suhunya. Meski suhu di Meksiko dengan Indonesia tidak jauh beda, tapi tetap saja kamu harus memperhatikannya. Kamu harus tahu bahwa di siang hari, tanaman hias janda bolong ini hanya bisa bertahan jika ditempatkan di suhu 23°C hingga 30°C. Sementara untuk malam hari, tanaman hias janda bolong bisa bertahan di ruangan dengan suju kurang lebih 15°C. Dengan memperhatikan suhu ruangan, tanaman hias janda bolong milikmu akan tumbuh dengan baik.

Paparan Sinar Matahari

Jelas sinar matahari sangat penting untuk setiap tanaman, termasuk janda bolong. Meskipun kebanyakan janda bolong ditempatkan di pot dan ditaruh di dalam ruangan, tapi tetap saja tanaman hias yang satu ini membutuhkan sinar matahari. Ketika kamu meletakkan tanaman hias janda bolong di dalam ruangan, maka letakkan tanaman hias ini didekat jendela.

Media Tanam Tanah

Tanaman hias janda bolong tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya yang membutuhkan tanah. Yup, janda bolong juga menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Tanah merupakan hal paling penting bagi tumbuhnya tanaman hias ini. Dari tanahlah tanaman ini mampu memenuhi kebutuhan air serta mineralnya, sehingga ketika tanah dalam kondisi yang baik dan subur, otomatis tanaman janda bolong bisa tumbuh dengan baik. Lebih baik lagi jika kamu mengombinasikan tanah bersama pasir dan kompos.

Baca juga: Yuk, Percantik Desain interior Rumah dengan 7 Tanaman Hias Viral Ini

Bibit yang Bagus

Tanaman hias yang satu ini kerap diperbanyak menggunakan stek. Jadi, jika kamu ingin tanaman hias janda bolong yang bagus, maka pastikan kamu mengambil batang untuk bibit stek langsung dari indukan tanaman yang sehat dan berkualitas. Jangan sampai kamu menggunakan bibit tanaman hias janda bolong yang salah.

pinterest.com

Penyiraman Teratur

Agar tanaman hias janda bolong tetap tumbuh dengan baik, maka kamu harus menyiramnya secara teratur. Biasanya tanaman hias janda bolong disiram sebanyak dua kali dalam sehari. Kamu bisa menyiramnya di pagi dan sore hari. Kamu jangan menyiram tanaman hias janda bolong pada siang hari, karena akan mengganggu proses fotosintesisnya.

Hindarkan dari Gulma

Jika kamu ingin tanaman hias janda bolong tumbuh secara maksimak, maka kamu harus memperhatikan keadaan sekitar. Pastikan bila di sekitar tanaman janda bolong tidak ada gulma. Keberadaan gulma sangat berbahaya bagi tanaman hias, termasuk janda bolong, karena mereka bisa menyerap air maupun nutrisi yang seharusnya diserap oleh tanamanmu. Lagi pula, gulma juga menjadi sarang tempat bibit penyakit maupun hama yang bisa menyerang tanamanmu.

Itulah tadi enam cara merawat tanaman hias janda bolong yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa membeli tanaman ini dan ditempatkan di ruang tamumu. Nah untuk ruang tamu, kamu bisa menempatkan beberapa furniture minimalis. Dengan paduan furniture minimalis dan tanaman hias janda bolong, ruang tamumu tentu akan cantik dan memiliki kesan eco-friendly. Kamu bisa beli secara online maupun offline. Kamu bisa datang langsung ke showroom Ajeg. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, PESAN SEKARANG JUGA!!!

 

Jangan lupa baca artikel lainnya tentang furniture dan dekorasi rumah di Ajeg. Selain mendapatkan tips dan trik melalui artikel, Anda juga bisa langsung membeli furniture dan pernak-pernik dekorasi rumah secara online. Ayo, langsung cek ke laman Ajeg!

Penulis: Desy R.